Syarat Pendaftaran CPNS 2024, Sebegini Nilai IPK Minimal, Jangan Kaget ya

saranginews.com – SEMARANG – Pemerintah Kota Semarang, Jawa Tengah menjadi salah satu pemerintah daerah yang membuka pendaftaran CPNS 2024.

Pemkot Semarang membuka 331 kompleks CPNS 2024 yang terbagi dalam dua kategori besar, yakni tenaga kesehatan dan tenaga teknis.

BACA JUGA: Pendaftaran PPPK 2024: Formasi Lebih Banyak dari CPNS

Joko Hartono, Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Kepegawaian (BKPP) Kota Semarang, mengatakan Pemerintah Kota Semarang berupaya memenuhi kebutuhan sumber daya manusia (SDM) di berbagai bidang untuk memperkuat pelayanan masyarakat dan pemerintah.

Pengumuman dan pendaftaran CPNS 2024 resmi dibuka oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui website https://sscasn.bkn.go.id/.

BACA JUGA: Apakah Calon CPNS 2024 Boleh Ikut Pilkada PPPK? Simak penjelasan Deputi BKN

Joko mengatakan, lowongan CPNS tahun 2024 telah dimuat di website Pemerintah Kota Semarang dan BKPP Kota Semarang. Rekrutmen CPNS dilakukan secara sistematis oleh Kementerian PANRB dan BKN.

Perekrutan dilakukan sesuai jadwal Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi serta BKN. Pemkot Semarang membuka 331 unit tenaga kesehatan yang terdiri dari 119 orang dan tenaga teknis sebanyak 212 orang, kata Semarang, Rabu (21/8).

BACA JUGA: Cara Mendapatkan Stempel E Pendaftaran CPNS 2024 Sore Ini, 7 Dokumen yang Dibutuhkan

Ia mengatakan, pembentukan 119 tenaga medis terbuka untuk kebutuhan bidang kesehatan.

Detasemen tenaga teknis juga berjumlah 212 orang, yang terbagi dalam dua jenis, yakni formasi umum berjumlah 199 orang dan satuan khusus berjumlah 13 orang.

Formasi khusus ini diperuntukkan bagi wisudawan berprestasi dengan predikat cumlaude, enam orang berkualifikasi dan tujuh orang penyandang disabilitas.

Adapun permintaan tersebut, kata dia, sudah sesuai dengan ketentuan BKN.

Pemohon harus berkewarganegaraan Indonesia, berusia antara 18 hingga 35 tahun pada saat melamar dan tidak memiliki catatan kriminal serius.

Batasan usia calon dokter spesialis dan dokter gigi maksimal 40 tahun.

Persyaratan IPK

BKN telah memberi wewenang kepada setiap kabupaten/kota untuk menetapkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) calon CPNS 2024.

Di Semarang, kata Joko, IPK untuk mendaftar CPNS minimal 3,00 baik untuk perguruan tinggi negeri maupun swasta, dan tidak ditetapkan akreditasi.

“Semarang itu kota besar, jadi kita ingin sumber daya manusianya lebih baik, makanya kita tetapkan IPK minimal 3,00 baik untuk kampus negeri maupun swasta, dan akreditasi kampusnya belum ditetapkan,” ujarnya.

Lowongan CPNS Pemkot Semarang terbuka untuk seluruh putra-putri bangsa di Indonesia.

Jadi bukan hanya warga Semarang saja, ujarnya.

Terkait tahapan dan jadwal CPNS, Joko mengatakan pengumuman CPNS akan dimulai pada 20 Agustus hingga 2 September 2024, dan pendaftaran CPNS pada 20 Agustus hingga 6 September 2024.

Setelahnya, seleksi administrasi akan dilaksanakan pada 13 September 2024, dan hasil seleksi administrasi akan diumumkan pada 14-17 September. September 2024.

“Semuanya online, tidak ada pertemuan tatap muka. Jadi, setelah lolos seleksi administrasi, ujian dilanjutkan.”

Tes tersebut terdiri dari seleksi kompetensi dasar terkait pemahaman kebangsaan (SKD), tes kecerdasan umum (TIU), dan tes sifat kepribadian, dilanjutkan dengan seleksi kompetensi domain (SKB).

Ketiganya sebelumnya telah menggunakan computer-assisted test (CAT) yang menggunakan pengenalan wajah.

“Jadi CAT sudah pakai face detector, jadi tidak bisa pakai joki, jadi tidak ada kecurangan,” ujarnya.

Kandidat yang lulus SKD akan melanjutkan SKB menggunakan CAT sesuai formasi yang dilamar. (antara/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *