Seleksi Dimulai Oktober, Pendaftaran PPPK 2024 September? Deputi KemenPAN-RB: Agustus Lewat

saranginews.com, JAKARTA – Pemilu PPPK 2024 akan digelar Oktober mendatang. Informasi ini beredar luas di kalangan honorer dan PPPK. 

Menurut Sekretaris Jenderal Pejabat Pendidikan (Tendik) Forum Kehormatan DPP Indonesia (FHNK2I) Herlambang Susanto, sejumlah pejabat daerah sudah mendapat informasi bahwa Pilkada PPPK 2024 akan digelar Oktober mendatang. 

Baca Juga: Pendaftaran PPPK 2024: Lebih Banyak Kursi dari CPNS

Jadi pendaftaran PPPK 2024 kemungkinan besar akan dilakukan pada bulan September. 

Herlambang kepada JPNN, Rabu (21/8), “Pemkab belum mau memberikan rincian karena menunggu pusat. “Satu-satunya target adalah Oktober.” 

Baca Juga: Pendaftaran PPPK Setelah Agustus 2024, TMS Kehormatan Boleh Keberatan

Kementerian Pemberdayaan Lembaga Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) sendiri akan menyelesaikan pengambilalihan PPPK secara sosialis pada tahun 2024.

Sosialisasi akan dilaksanakan pada Jumat, 23 Agustus 2024 dengan melibatkan aparat pemerintah kabupaten. 

Baca juga: KemenPAN-RB Akan Sosialisasikan Pengadaan PPPK 2024, Pendaftaran Dibuka Agustus?

Plt. Aba Subaja, Deputi Sumber Daya Manusia Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, seusai sosialisasi biasanya dilakukan usai pembelian PPPK 2024.

Sosialisasi tersebut ditujukan untuk kebijakan dan mekanisme pengadaan PPPK Pemilu 2024, kata Deputi Aba yang menghubungi JPNN secara terpisah.

Meski sosialisasi pengadaan PPPK 2024 sudah dilakukan pada pekan ini, Aba menegaskan pendaftaran belum akan dibuka pada Agustus mendatang. 

Dia membeberkan informasi sensitif bahwa pendaftaran PPPK pada 2024 sempat tertunda beberapa bulan. 

Apakah akan dilaksanakan pada bulan Oktober, MP Aba berharap hal itu akan terjadi lebih cepat. 

Sementara itu, sumber resmi JPNN menyebutkan Pemilu PPPK 2024 akan digelar Oktober tahun depan. Pendaftaran PPPK 2024 kemungkinan akan dilakukan pada bulan September.

Sumber JPNN menambahkan, PERURI telah menyiapkan infrastruktur pendaftaran untuk memudahkan pembelian stempel elektronik oleh pelamar pilihan. 

“Kami sudah diinstruksikan untuk bersiap mengikuti pemilu PPPK 2024 Oktober mendatang,” kata guru honorer yang enggan disebutkan namanya oleh JPNN itu. 

Ia mengaku sempat mengikuti ujian tahun lalu namun gagal. Tahun ini ia memutuskan mendaftar PPPK 2024 dan lulus. (esy/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *