MIND ID Kembali Gelar Kompetisi Karya Jurnalistik, Mahasiswa Bisa Ikut, Simak Syaratnya!

saranginews.com, Jakarta – BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia (MIND ID) mengumumkan dibukanya kembali Kompetisi Karya Jurnalistik MediaMIND 2024.

Kompetisi ini mengusung tema “Crafting the Future” yang memberikan kesempatan kepada jurnalis untuk mempublikasikan karya jurnalistik yang berdampak positif bagi industri pertambangan batubara.

Baca juga: Antam dan MIND ID Tangani Pengabdian BUMN untuk Indonesia di Halmahera

Grup MIND ID memberikan berbagai kesempatan bagi para jurnalis baik nasional maupun regional untuk mengikuti kompetisi tahunan ini.

“Kami dengan bangga mengumumkan bahwa kompetisi MediaMIND 2024 telah dibuka kembali, dan kami mengucapkan selamat kepada seluruh media di seluruh Indonesia,” kata Sekretaris Perusahaan MIND ID Harry Yusuf dalam keterangannya, Rabu (21/8).

BACA JUGA: MIND ID Group pamerkan teknologi pengelolaan air ramah iklim di LIKE Festival 2024

Lebih lanjut Harry menjelaskan, yang istimewa dari MediaMIND tahun ini adalah perusahaan juga mengundang civitas akademika untuk berpartisipasi.

Mahasiswa dari berbagai kampus di Indonesia diundang untuk mempresentasikan karya liputannya dengan mewawancarai dan mereferensikan dosen dan profesor universitas.

Baca Juga: Holding Asa Mind ID untuk Mendorong Kesejahteraan MSA di Wilayah Operasional Anggota

“Dengan gelar baru ini, kami berharap semakin banyak bermunculan ide dan cara pandang baru yang dapat memperbaiki narasi dan membentuk opini di sektor minerba di masa depan,” kata Harry Joseph.

Panitia akan membagi karya menjadi empat kategori, yakni karya tulis (hard news dan feature), foto tunggal, video berita, dan media sosial.

Untuk gelar di kampus, siswa dapat berpartisipasi dalam kelas penulisan laporan.

Ketentuan umum untuk kategori peserta media massa adalah WNI yang berprofesi sebagai jurnalis harus melampirkan formulir pendaftaran dan dapat mendaftarkan maksimal 5 karya untuk setiap kategori.

Semua jenis karya yang dikirimkan harus sesuai topik, tidak mengandung unsur SARA, dan memenuhi standar kode etik jurnalistik.

Selain itu, ketentuan umum untuk gelar kampus antara lain peserta WNI yang merupakan mahasiswa aktif, melampirkan formulir pendaftaran, dan mendaftarkan maksimal 3 karya.

Mahasiswa dapat menggunakan hasil wawancara dosen aktif sebagai bahan pemberitaan, tidak mengandung unsur SARA dan relevan dengan topik.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai MediaMIND 2024, peserta dapat mengikuti media sosial @miningindustry.id Tema dan Subtema MediaMIND 2024

Mengusung tema “Menciptakan Masa Depan”, MediaMIND 2024 menyoroti latar belakang permasalahan terkait mineral dan batubara (Minerba) yang berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia.

Seiring dengan penguatan perekonomian nasional, pertambangan mineral dan batubara dapat meningkatkan nilai tambah produk, meningkatkan peluang pasar, menciptakan lapangan kerja baru dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di berbagai daerah.

Diharapkan rantai hilir ini akan terhubung dengan industri hilir, khususnya ekosistem baterai kendaraan listrik.

Subtema MediaMIND 2024 dibagi menjadi lima: ekonomi, industrialisasi, lingkungan hidup, sosial dan tata kelola (ESG), tanggung jawab sosial dan lingkungan, dan ekosistem baterai kendaraan listrik.

Hari Yusuf mengatakan, tema dan subtema ini mengikuti banyak persoalan partai.

“Kami berharap semakin banyak media dan civitas akademika yang tertarik membagikan karya kami,” ujarnya. (mrk/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *