Periksa Hasto PDIP, KPK Dinilai Jadi Alat Kekuasaan Jokowi

saranginews.com, Jakarta – Beberapa orang yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Peduli Hukum berunjuk rasa di depan kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Setiabudi, Jakarta Selatan pada Selasa (20/8).

Trian, Koordinator Koalisi Masyarakat Peduli Hukum, mengingatkan, penting bagi KPK untuk mengedepankan independensi dalam penerapan undang-undang.

Baca Juga: Hasto Bagikan Sebagian Pidato Jokowi, Balasan Kodari

“Dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya, Komisi Pemberantasan Korupsi bersifat independen,” kata Trian, Selasa.

Dia mengatakan, koalisi perlu mengingatkan masyarakat akan kebebasan karena Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belakangan ini kehilangan integritas dalam menangani kasus korupsi karena dijadikan alat.

Baca Juga: Husto Sebut Potensinya di Timses Jokowi di KPK, Lalu Ungkap Eric Thohir dan Budi Karya

Karena KPK hanya dijadikan alat kekuasaan politik, kata Trian.

Ia mencontohkan seruan Sekjen PDI-P Hasto Cristiano sehingga membuat KPK dicap sebagai alat politik penguasa yakni Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga: KTP Pekerja PDIP Juga Dicuri, Husto Curiga Ada Yang Jadikan Calon Wayang 

“Koalisi masyarakat yang peduli terhadap undang-undang tersebut memandang seruan Hasto untuk berkuasa kepada Jokowi hanya sekedar kemanfaatan politik,” lanjut Trian.

Dia mengatakan, belakangan ini dia sering mengkritik Jokowi dan mengadakan rapat Komite Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ajakan Hasto juga merupakan bagian dari upaya Jokowi memfasilitasi skenario kotak kosong pada pilkada mendatang, ujarnya.

Dari situ, kata Trian, koalisi melontarkan beberapa pernyataan, seperti mendukung Husto, tidak takut menghadapi tindakan aparat yang tidak patut.

Lanjutnya, koalisi mendesak KPK menjalankan tugas dan haknya sesuai amanat konstitusi dan bukan berdasarkan kepentingan politik Jokowi.

“Segera mengimbau Komisi Pemberantasan Korupsi untuk menjaga integritas dan independen dalam menjalankan tugas dan wewenangnya,” kata Trian. (ast/jpnn) Jangan lewatkan video terbaru :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *