Pelamar CPNS 2024 Juga Bisa Ikut Seleksi PPPK? Simak Penjelasan Deputi BKN

saranginews.com – Pendaftaran CPNS 2024 akan dibuka sore ini 17/08/45 WIB. Pendaftarannya tidak serentak karena tergantung masing-masing instansi penyelenggara tahun 2024. pilihan PPPK.

“Pendaftaran CPNS 2024 berlanjut hingga 6 September. Pelamar tidak perlu ragu untuk mendaftar, perhatikan terlebih dahulu persyaratan dan pelatihan kerja yang tersedia,” jelas Deputi Badan Layanan Negara (BKN) Bidang Sistem Informasi Pegawai (Sinka) JPNN, Suharmenas, Selasa (20/1). 8). 

BACA JUGA: KemenPAN-RB: PPPK Bisa Ikut Pendaftaran CPNS 2024, Catat Syarat dan Mekanismenya

Ia menjelaskan, para pelamar CASN 2024, baik honours maupun freshgraduate, harus berhati-hati sebelum memutuskan untuk mendaftar. Jangan sakiti dirimu sendiri.

Ditegaskannya, pada tahun 2024 pendaftaran CASN dikenakan sistem gugur. Artinya, setelah mendaftar misalnya CPNS, pelamar tidak bisa lagi mengikuti tahun 2024. dalam pendaftaran PPPK.

BACA JUGA: Cara Beli Stempel Email 2024 Untuk Pendaftaran CPNS Siang Ini, Diperlukan 7 Dokumen

Pelamar tidak boleh mencoba bermain dengan dua kaki. Sebab setelah mendaftar CPNS 2024 dan nantinya PPPK, peserta otomatis didiskualifikasi. 

“Ingat, satu pelamar hanya bisa mendaftar untuk satu ASN pembelian, yakni CPNS atau PPPK, untuk satu instansi, satu jabatan. Tidak boleh lebih,” tegas Deputi BKN. 

BACA JUGA: Naskah Tepatnya, Jokowi Gantikan Megawati

Dikatakannya, registrasi itu perlu, lanjutnya, jika pelamar sudah menyeleksi dan menyerahkan serta mencetak kertas peserta ujian. 

Disebutkan pula, proses pendaftaran akan dilakukan melalui portal SSCASN BKN (www.sscasn.bkn.go.id) mulai tahun 2024 dan seterusnya. 20 Agustus 17.08.45 WIB s/d 2024 6 September

Informasi tentang pelatihan dan deskripsi pekerjaan yang tersedia, termasuk informasi lokasi pekerjaan serta kisaran pendapatan atau gaji, dapat ditemukan di menu Pencarian Informasi di portal SSCASN. 

Setiap instansi akan mempublikasikan daftar kuota pelatihan gratis oleh lembaga negara (kementerian/lembaga/daerah) secara bertahap dan dapat dicek secara berkala di menu pencarian informasi. 

Oleh karena itu, selain memeriksa tempat-tempat bebas formasi pada tahun 2024. Jalur rekrutmen CPNS yang ada di masing-masing instansi, pelamar juga dapat melihat informasi formasi jabatan yang dilamarnya pada menu pencarian informasi detail formasi di portal SSCASN BKN,” jelasnya. . 

Pemerintah melalui Panitia Seleksi Nasional (Panselna) pada tahun 2024. mengalokasikan 250.407 unit CPNS pada 69 instansi pusat dan 478 instansi daerah. 

Mengenai proses pelaksanaan seleksi CPNS tahun ini, plt. Kepala BKN Haryomo Dwi Purtanto mengatakan, proses rekrutmen CPNS gabungan ini akan melibatkan beberapa instansi yang tergabung dalam Panselno.

Partisipasi Komite Kesiapan Nasional Dukungan Infrastruktur, misalnya, dengan Badan Akses Teknologi Komunikasi dan Informasi (BAKTI) memberikan akses jaringan transmisi data.

Kemudian membawahi keamanan teknologi informasi bersama Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), mengawasi teknologi infrastruktur bersama Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), serta penyediaan stempel elektronik dengan Percetakan Uang Republik Indonesia (PERURI). ). ).

Karena salah satu syarat untuk mendaftar CPNS adalah harus warga negara Indonesia, maka BKN menginteraksikan data calon pelamar dengan data kependudukan yang dimiliki Kementerian Dalam Negeri Dukcapil selaku instansi yang bertanggung jawab atas data kependudukan.

Data pemohon diyakini dapat dicek secara sistematis melalui portal SSCASN sesuai data kependudukan yang terdaftar di Kementerian Dalam Negeri Dukcapil.

Sebelum melakukan pendaftaran, lanjut Haryomo, calon CPNS 2024 diminta untuk mengetahui detail persyaratan dan kualifikasi posisi tersebut sesuai pengumuman lowongan di saluran informasi lembaga.

 Pelamar juga harus membaca buku instruksi pendaftaran di portal SSCASN sebelum melanjutkan pembuatan akun dan pendaftaran. 

Terakhir, setelah pendaftaran dan penyerahan seluruh dokumen sesuai persyaratan administrasi instansi, pelamar disarankan untuk segera membatalkan pendaftaran tanpa menunggu berakhirnya masa pendaftaran untuk menghindari kendala hingga berakhirnya pendaftaran. (esy/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *