Daftar Calon Kepala Daerah yang Diusung NasDem di Pilkada Jabar 2024, Ada Publik Figur

saranginews.com, JAKARTA – Partai NasDem (DPW) Jawa Barat mengirimkan formulir B1-KWK atau surat rekomendasi kepada enam calon kepala daerah jelang pendaftaran pilkada pekan depan. 

Enam calon teratas di daerah itu akan maju pada Pemilihan Walikota (Pilwalkot) dan Bupati (Pilbup) 2024 di Jawa Barat. 

BACA JUGA: Mantan Anak buah SBY Ketua NasDem Jabar

Formulir B1-KWK dikirimkan langsung oleh Ketua DPW NasDem Jabar Saan Mustopa. 

Pejabat yang menerima surat tugas antara lain Bambang Hidayah – Dani Danial Mukhlis (Banjar Pilwalkot), Asep Rochman Dimyati – Lina Marlina (Pilbup Subang), Abdusy Syakur – Putri Karlina (Pilbup Garut). 

BACA JUGA: NasDem Batalkan Dukungan ke Anies, Hasto: Itu Bukan Kelakuan Bang Surya

Disusul kemudian Dadang Supriatna-Ali Syakieb (Pilbup Kabupaten Bandung), M Farhan – Erwin (Pilbup Bandung) dan Lucky Hakim – Syaefudin (Pilbup Indramayu). 

“Sekarang kita punya enam pasangan calon yang mendapat penghargaan B1-KWK, sebelumnya ada 8 pasangan, jadi totalnya 14 pasangan untuk kabupaten kota di Jabar. Jadi kita masih punya sekitar 13 pasangan, jadi 13 ini bisa kita lengkapi. sebelum tanggal 25 (Agustus). 

BACA JUGA: NasDem Batalkan Lamaran ke Anies di Pilkada Jakarta 2024, Paloh: Dia Belajar di School of Life

Saan membenarkan, penetapan calon kepala daerah dilakukan partai tanpa mahar. 

Penunjukan mitra partai dan koalisi juga dilakukan berdasarkan popularitas dan elektabilitas calon. 

“NasDem tetap berkomitmen. Semua yang kami berikan kepada B1-KWK diberikan tanpa mahar. Benar-benar dari sudut mana pun, kami tidak melakukan transaksi apa pun,” ujarnya.

Anggota DPR RI itu menjelaskan alasan diangkatnya pejabat tersebut sebagai calon kepala daerah. 

Satu hal yang pasti adalah komitmen pejabat terhadap pengembangan dan pemajuan daerah pilihannya. 

“Yang pertama soal komitmen, dari segi keselarasan, dari segi kesiapan,” jelasnya. Mereka harus mengembangkan wilayahnya dan juga memimpin rakyatnya menuju kesejahteraan yang lebih besar.” 

Faktor kedua adalah popularitas dan pilihan. Berdasarkan hasil survei berbagai lembaga survei politik, partai menggunakannya sebagai standar untuk menentukan calon utama di daerah. 

“Aspek penerimaan di daerah, di masyarakat dan aspek elektabilitas atau elektabilitas menjadi pertimbangan kita sebelum menentukan pasangan calon yang akan diajukan,” jelasnya. 

Saan juga menjelaskan, jumlah kursi NasDem di DPR cukup untuk mengusung calon potensial di dapil. 

Dia mencontohkan, pada aliansi NasDem dan PKB, pasangan Farhan – Erwin cukup masuk ke Pilwalkot Bandung dengan 11 kursi. Dimana PKB memiliki lima kursi dan NasDem enam kursi. 

“Karena tidak ada yang bisa sendirian, maka kita harus beraliansi dengan parpol lain dan alhamdulillah kita juga tidak banyak mitra koalisi dan kedua partai kita,” ujarnya. 

Berikut daftar bakal calon unggul daerah yang diajukan NasDem untuk Pilkada Jawa Barat 2024: 1. Kota Bandung: Muhammad Farhan-Erwin2. Kota Banjar : Bambang Hidayat-Dani Danial Muklis3. Bupati Bandung : Dadang Supriyatna-Ali Syakieb4. Bupati Subang : Asep Rochman Dimiyati-Lina Marlina5. Bupati Garut : Abdusy Syakir Amin-Luthfianisa Putri Karlina6. Bupati Indramayu : Lucky Hakim-Syaefudin7. Bupati Purwakarta : Yadi Rusmayadi – Pipin Sopian.8. Kota Cimahi : Pendidikan Pendidikan Suratno Nugrahawan – Bagja Setiawan.9. Bupati Cirebon : Imron – Agus Kurniawan10. Bupati Ciamis : Herdiat Sunarya – Yana D Putra.11. Kota Sukabumi : Ayep Zaki – Bobby Maulana.12. Kota Cirebon : Eti Herawati – Suhendrik.13. Bupati Bandung Barat : Hengky Kurniawan – Ade Sudrajat Usman.14. Bupati Karawang : Aep Syaepuloh-Maslani(mcr27/jpnn) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *