Bawaslu Minta Panwaslih Berbagi Data Hasil Pengawasan Pemilu untuk Hadapi Pilkada 2024

saranginews.com, JAKARTA – Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Herwyn JH Malonda meminta Dewan Pengawas Pemilu (Panwaslih) berkoordinasi dengan petugas untuk memperbarui rincian pemilih (Pantarlih) pada Pilkada Serentak 2024.

Ia juga meminta seluruh pejabat Panwaslih membagikan data hasil pemantauan pemilu 2024.

BACA JUGA: Begini Cara Gakkumdu Bawaslu Pusat Tangani Dugaan Pelanggaran Pidana Pemilu

Menurut Herwyn, hal itu perlu dilakukan karena pilkada memiliki banyak data dan pengalaman terkait proses pemilu 2024, salah satunya terkait data pemilih.

“Data pemilu ada di KPU, bisa disepakati. Bisa jadi pemilu dicuri karena tidak memenuhi syarat lalu muncul kembali di pemilu, mohon disetujui. ,” kata Herwyn dalam keterangannya yang dikutip Selasa (20/8).

BACA JUGA: Rahmat Bagja mengajak jajaran Sekretariat untuk meningkatkan kemampuan dukungan tugas Bawaslu

Herwyn juga meminta para pengurus Panwaslih berbagi pengalaman mengenai tantangan atau permasalahan dalam penyelenggaraan pemilu lalu yang mungkin terjadi pada pemilu 2024.

Salah satunya soal data untuk memetakan kerentanan tiap daerah pada pemilu 2024.

BACA JUGA: Anggota Bawaslu Peringatkan Panwascam dan PKD Segera Identifikasi Pelanggaran

“Permasalahan yang dialami teman-teman saat pemilu juga harus diketahui dan dikomunikasikan kepada teman-teman Panwasli kita. Itu sebagai bentuk pemetaan kerentanan, tipologi dan tren kesamaan pola pelanggaran antar pemilu (pilkada),” jelasnya.

Herwyn mengatakan pihaknya juga akan memerintahkan pengurus Panwaslih untuk memberikan data pemantauan kepada Pantarlih agar dapat mengidentifikasi titik-titik kerawanan pada pelaksanaan Pilkada 2024.

Ia menambahkan, pertukaran data dan pengalaman tersebut dilakukan untuk mempelajari pemetaan kinerja pemilu 2024 yang akan digelar November mendatang. (mrk/jpnn) Jangan lewatkan video terbaru :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *