The 10th IIGCE 2024 Penting Bawa Indonesia Pimpin Industri Panas Bumi

saranginews.com – JAKARTA – Ketua Asosiasi Panas Bumi Indonesia (API) atau Asosiasi Panas Bumi Indonesia (INAGA), Jenderal Julfi Hadi menilai kegiatan IIGCE 2024 (Indonesia International Geothermal Convention and Exhibition) ke-10 sangat penting.

Ia meyakini kegiatan yang dilakukan kali ini akan menjadikan Indonesia sebagai pemimpin global dalam pemanfaatan energi panas bumi.

BACA JUGA: Ketua API Sebut Energi Panas Bumi Punya Potensi Besar Sebagai Sumber Energi Terbarukan

Tentu saja dalam hal ini diperlukan kerja sama dari berbagai pihak untuk memaksimalkan potensi panas bumi yang dimiliki Indonesia.

Inovasi juga memegang peranan penting, baik secara teknologi maupun birokrasi, dalam menopang pertumbuhan industri ini.

“Kolaborasi ini menjadi katalisator yang akan mempercepat pengembangan dan pemanfaatan energi panas bumi sehingga melahirkan center of excellence panas bumi di Indonesia,” kata Julfi dalam keterangannya, Senin (19/8).

Kolaborasi yang dibicarakan Julfi adalah antara pemerintah, pengembang, dan Asosiasi Energi Panas Bumi Indonesia.

“Kolaborasi akan memastikan pembangunan berkelanjutan dan inovasi di sektor ini.” Perkembangan industri energi panas bumi memerlukan tindakan yang cepat dan terukur untuk memaksimalkan peluang,” ujarnya.

Oleh karena itu, Julfi menegaskan peran IIGCE (Indonesia International Geothermal Convention & Exhibition) ke-10 tahun 2024 sangatlah penting. Khususnya dalam memfasilitasi kolaborasi multipihak.

“IIGCE adalah forum di mana berbagai pihak – mulai dari pemerintah hingga pengembang, investor hingga ilmuwan – dapat bertemu dan berdiskusi. “Kegiatan ini menciptakan peluang untuk bertukar pengetahuan, memperkenalkan teknologi baru dan membangun kemitraan strategis yang dapat mempercepat pengembangan proyek energi panas bumi,” ujarnya.

Sementara itu, CEO 10th IIGCE 2024 Boyke Bratakusuma mengatakan kolaborasi efektif antar berbagai pemangku kepentingan menjadi kunci percepatan pengembangan energi panas bumi di Indonesia.

“Kami optimis melalui sinergi ini, Indonesia dapat mencapai target energi terbarukan nasional. IIGCE 2024 akan menjadi momen penting bagi seluruh pemangku kepentingan untuk berkumpul dan berbagi ilmu serta pengalaman,” ujarnya.

Boyk atas nama API-INAGA USA Asia mengundang seluruh pemangku kepentingan industri panas bumi untuk menghadiri IIGCE ke-10 2024.

“Acara ini akan menjadi platform penting untuk berbagi pengetahuan, pengalaman dan inovasi terkini dalam industri energi panas bumi. Kolaborasi yang kuat mendorong pengembangan energi panas bumi yang lebih cepat dan berkelanjutan,” kata Junior Kainama, pemimpin proyek IIGCE 2024. (perempuan/Jepang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *