Penjualan Pelaku Usaha Bisa Naik 7 Kali Lipat Berkat Live Shopping di ShopTokopedia

saranginews.com, Jakarta – Kolaborasi Tokopedia dan ShopTokopedia terus memberikan dampak yang signifikan.

Saat ini terdapat lebih dari 21 juta penjual di platform Tokopedia dan ShopTokopedia, memungkinkan masyarakat mendapatkan lebih banyak produk penting dengan harga dan kualitas yang lebih transparan sambil berbelanja online dengan cara yang menyenangkan.

Baca Juga: Kampanye ‘Tokopedia Coffee Festival’ Tingkatkan Penjualan Pelaku Kopi UMKM hingga 50%

Selain itu, data terbaru menunjukkan 60% konten iklan di TikTok mendukung produk lokal di ShopTokopedia.

Hal ini mendorong Tokopedia dan ShopTokopedia untuk terus memperkuat aktivitas belanja lokalnya dan Promo Shake untuk mendorong brand lokal mendapatkan platform khusus.

Baca Juga: Penjualan 3 brand lokal meningkat berkat kampanye belanja lokal Tokopedia dan ShopTokopedia

Senior Communications Leader Tokopedia dan ShopTokopedia Rizky Juanita Azuz mengatakan fitur live shopping ShopTokopedia di aplikasi TikTok menawarkan strategi pemasaran interaktif yang dapat digunakan oleh pelaku komersial, termasuk segala jenis merek lokal.

Mulai dari kecantikan dan perawatan pribadi hingga fashion, makanan dan minuman hingga kategori lainnya, menjangkau khalayak yang lebih luas dan terhubung langsung dengan calon pembeli,” kata Rizkey Juanita Azuz.

Baca Juga: Tokopedia & ShopTokopedia Rekap Tren Belanja Online Tahun 2024, Belanja di Toko Masih Bisa Dipercaya!

Survei MetrixLab pada tahun 2024 menemukan bahwa belanja langsung oleh penjual di ShopTokopedia memiliki dampak signifikan terhadap calon pembeli, yang berarti pengguna memiliki kemungkinan 3,4 kali lebih besar untuk melihat produk baru setelah melihat TikTok.

Setelah itu, pengguna memiliki kemungkinan 2,5 kali lebih besar untuk melakukan pembelian setelah melihat penjual.

Selain itu, 2 dari 3 pengguna cenderung melakukan pembelian di hari yang sama setelah berbelanja di ShopTokopedia, dan 64% pembeli meninggalkan pembayaran setelah berbelanja di ShopTokopedia.

Pengalaman belanja langsung memudahkan pengecer untuk mengarahkan lalu lintas dan bahkan penjualan.

Pasalnya, masyarakat bisa mendapatkan informasi lebih mendalam mengenai produk yang diinginkannya dengan berbagai iklan yang menarik.

Kemudahan ini juga tercermin dari dampak positif yang dicatatkan Tokopedia dan ShopTokopedia pada kuartal I tahun 2024 dibandingkan kuartal I tahun 2023.

Menurut Rizky, pelaku usaha yang membeli langsung ke ShopTokopedia melaporkan rata-rata peningkatan penjualan hampir 7x lipat dibandingkan penjual lain yang tidak membeli langsung.

Beberapa barang yang akan dijual langsung di ShopTokopedia pada kuartal I tahun 2024 antara lain produk perawatan kulit, hijab, dan makanan penutup atau manisan, kata Rizky.

ShopTokopedia juga mencatat, DKI Jakarta mengalami peningkatan jumlah live mall hampir dua kali lipat pada kuartal I-2024 dibandingkan kuartal I-2023.

“ShopTokopedia juga mengalami peningkatan jumlah pemesanan langsung sebesar 1,5 kali lipat dari beberapa daerah seperti Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur,” kata Rizki.

Contoh brand lokal yang mendapatkan keuntungan dari Tokopedia dan Shop Tokopedia adalah NPURE dan SAFF & Co yang memanfaatkan peluang belanja online untuk meningkatkan penjualan.

NPURE didirikan pada tahun 2017 oleh Willy Khandoku setelah ia melihat banyak produk perawatan kulit yang diimpor dari luar negeri tetapi sulit didapat.

Tantangan ini justru membuka peluang bagi NPURE untuk berinovasi dengan meluncurkan rangkaian produk yang menggunakan bahan baku alami dari petani lokal.

Misalnya rangkaian NPURE Centella Asiatica yang menggunakan daun pegagan, rangkaian NPURE Marigold menggunakan jelai mutiara, dan rangkaian NPURE Noni Probiotik menggunakan kandungan noni.

“Sebagai salah satu brand perawatan kulit lokal terbaik, NPURE berkomitmen untuk menciptakan generasi kulit sehat di kalangan masyarakat Indonesia,” ujar Joan Victoria, Chief Marketing Officer NPURE.

Ia mengatakan seluruh produk NPURE dibuat hanya dengan bahan-bahan alami dan organik terbaik untuk menghasilkan produk perawatan kulit berkualitas yang cocok untuk kulit Indonesia.

“Dengan NPURE, kami berharap dapat semakin banyak masyarakat yang sadar akan pola hidup sehat,” kata Joanne.

Menurut Joanne, memanfaatkan platform online seperti Tokopedia dan ShopTokopedia yang dapat diakses oleh aplikasi TikTok sangat penting untuk menjaga kehadiran NPURE setiap saat.

“NPURE rutin mengikuti berbagai kegiatan yang ditawarkan Tokopedia dan ShopTokopedia, salah satunya adalah ‘Goyang dan Beli Iklan Lokal’,” ujarnya.

Selain itu, fitur belanja online di ShopTokopedia sangat membantu penjualan NPURE meningkat empat kali lipat, kata Joanne.

NPURE juga berbagi tips bagi UMKM lokal yang ingin menggunakan fitur live shopping ShopTokopedia.

“Jangan takut untuk #mulai saja”. Siapkan perlengkapan sederhana untuk menunjang aktivitas live shopping seperti tripod atau ring light. “Perhatikan juga tampilan produk dan buatlah tampilan semenarik mungkin dengan memperhatikan sudut kamera dan pencahayaan,” ujar Joanne.

SAFF & Co, salah satu contoh bisnis parfum lokal di Tokopedia dan ShopTokopedia, melihat fitur live shopping di ShopTokopedia sebagai penyumbang penjualan yang nyata.

Seiring berkembangnya industri wewangian lokal pada tahun 2020, SAFF & Co. Dia memanfaatkan kesempatan ini dan memproduksi parfum berkualitas tinggi dengan harga pantas.

Salah satu pendiri SAFF & Co. menjelaskan: “SAFF & Co. sentimeter Anda

Santi Than mengatakan pihaknya sejak awal bergabung dengan Tokopedia karena target audiensnya sesuai dengan SAFF & Co.

“Berkat Tokopedia dan ShopTokopedia di aplikasi TikTok, SAFF & Co mendapat manfaat dari peningkatan eksposur dan penjualan ke pasar di luar Pulau Jawa,” kata Santi.

SAFF & Co. Ia juga rutin mengikuti promosi yang ditawarkan Tokopedia dan ShopTokopedia, termasuk promosi Goyang dan Beli lokal yang terbukti mampu meningkatkan penjualan dibandingkan hari-hari biasa.

Menggunakan fitur live shopping di ShopTokopedia, SAFF & Co. Sentimeter bisa tiga kali lipat.

Santi juga membeberkan beberapa saran bagi para wirausahawan baru yang ingin membeli secara online.

Mengingat populernya belanja di dalam toko, UKM lokal perlu menciptakan konsep belanja di dalam toko yang unik dan menarik serta mudah diingat. “Misalnya, perusahaan makanan skala kecil dan menengah bisa membeli hidup sambil dimasak dalam panci, atau usaha kecil yang menjual pasta tomat bisa membeli hidup sambil memeras lemon,” kata Santi memberi. (mrk/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *