Jangan Panik, Ini 5 Cara Atasi Sistem Setir Bermasalah

saranginews.com, JAKARTA – Setir atau setir merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah kendaraan.

Sebab sistem ini berfungsi mengendalikan kendaraan agar berjalan lancar dan sempurna.

Baca juga: Jika Setir Anda Bergetar di Jalan, Periksa 4 Hal Ini

Meski demikian, sistem ini tidak lepas dari berbagai masalah yang mengganggu konsentrasi pengemudi saat berkendara.

Situs resmi Suzuki pada Senin mencantumkan lima hal untuk mengatasi masalah pada sistem kemudi, termasuk lingkar kemudi yang tidak stabil dan miring.

Baca Juga: Belajar Mengemudi Mobil Rizki Ternyata Kena Penjual Soto1. Perawatan berkala pada sistem rem

Jika rem Anda aus atau rem cakram Anda tidak rata, setir mobil Anda mungkin terasa seperti bergetar dan sulit dikendalikan.

Oleh karena itu sangat penting untuk selalu memeriksa kondisi sistem rem Anda secara berkala.

Baca juga: Tips Memilih Busi Mobil yang Tepat, Hati-hati jangan sampai salah pilih. Itu berbahaya.

Pastikan kampas rem dan cakram rem mobil Anda dalam kondisi baik. Jika Anda melihat ada keausan atau kerusakan, segera ganti dengan suku cadang asli yang berkualitas tinggi.

Dengan menjaga sistem pengereman, pemilik kendaraan tidak hanya memperpanjang umur komponen rem, tetapi juga memastikan komponen kemudi tetap stabil dan nyaman saat berkendara.2. Periksa kondisi setir

Jika setir mobil Anda terasa bengkok, bisa jadi karena setirnya kendor atau rusak. Solusinya adalah dengan memeriksa dan menjaga kondisi setir atau kepala kemudi Anda.

Gagang yang kendor memang bisa diperbaiki di bengkel, namun jika kerusakannya parah mungkin perlu diganti dengan yang baru.3. Periksa lokasi baut pemandu

Sebelumnya disebutkan pemilik kendaraan bisa mengecek sendiri apakah baut pemasangan setir sudah terpasang dengan benar atau masih kendor.

Namun jika ragu, sebaiknya periksakan baut pemasangan pegangan ke bengkel resmi.

Jika Anda menemukan baut yang kendor, Anda bisa mengencangkannya sendiri tanpa harus ke bengkel.

Namun untuk hasil yang maksimal, pemilik dapat mencari bantuan profesional.4. Cobalah untuk menyemprot dan menyeimbangkan

Sporing dan keseimbangan merupakan proses penting yang memastikan roda mobil Anda tetap stabil dan tidak mempengaruhi kestabilan sistem kemudi.

Pasalnya, jika roda mobil Anda tidak seimbang, maka setir Anda bisa bergetar atau terasa kendor, terutama saat melaju di jalan rusak.

Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan pelacakan dan penyeimbangan secara teratur.

Dengan melakukan pengecekan taji, pemilik mobil dapat memastikan roda mobil telah kembali pada posisi yang benar dan seimbang.

Dalam hal keseimbangan, ini membantu mencegah keausan ban yang tidak merata yang dapat mempengaruhi stabilitas kemudi.

Secara umum disarankan untuk melakukan pelacakan dan penyeimbangan setiap kali Anda mengganti ban, atau hingga setiap 20.000 km.

Namun jika Anda sering berkendara di jalan rusak, disarankan melakukannya setiap 10.000 km.5. Hindari jalan rusak sebisa mungkin

Berkendara dengan kecepatan tinggi di jalan rusak dapat menyebabkan kerusakan pada berbagai komponen mobil, termasuk pelek dan sistem kemudi.

Tentu saja kebiasaan buruk tersebut dapat menyebabkan pelek bengkok dan roda mobil Anda terasa tidak stabil, yang pada akhirnya mempengaruhi kestabilan sistem kemudi mobil Anda.

Oleh karena itu, jalan rusak harus dihindari sebisa mungkin. Solusi lainnya adalah selalu ingat untuk berkendara dengan kecepatan rendah jika harus melintasi jalan yang tidak rata atau berlubang.

Berkendara dengan hati-hati juga membantu menjaga kondisi kendaraan Anda secara keseluruhan.

Hindari juga kemudi terlalu tajam atau pengereman terlalu mendadak. Hal ini karena dapat memberikan tekanan yang tidak semestinya pada sistem kemudi kendaraan Anda dan berbagai komponen lainnya. (Antara/jpnn)

Baca artikel lainnya… 4 Tips Mengendarai Sepeda Motor Listrik dengan Aman dan Nyaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *