Bea Cukai Berikan Pemahaman Tentang Pentingnya Kepabeanan Kepada Pelajar SMA

saranginews.com, SEMARANG – Bea dan Cukai melayani pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat di wilayah Semarang, Jawa Tengah dan Bandara Internasional Jawa (BIJB) Kertajati di Majalengka.

Kemitraan ini tercipta dalam rangka mengkomunikasikan informasi mengenai bea dan cukai kepada masyarakat.

BACA JUGA: Bea Cukai Teluk Nibung banyak menyita rokok ilegal di Labuhanbatu ini

Kepala Bidang Operasional Bea dan Cukai Encep Dudi Ginanjar mengatakan, untuk menunjukkan peran Bea dan Cukai kepada anak muda, Operasional Bea dan Cukai Tanjung Emas mengadakan proyek bertajuk “Bea Cukai Go to School” di Jawa Tengah. SMK Negeri di Semarang, Kamis (30/7).

“Kami mengenalkan mahasiswa pada berbagai kegiatan kebudayaan, seperti memfasilitasi perdagangan dan industri, memberikan rasa aman kepada masyarakat, serta meningkatkan pendapatan negara di bidang kebudayaan dan pelayanan sosial,” kata Encep.

BACA JUGA: Bea Cukai Sulsel Bikin Gempur Berfungsi Sepanjang Juli 2024, Ini Hasilnya

Sementara di Majalengka, Bea Cukai Cirebon mengundang siswa-siswi SMA Negeri 1 Cirebon, SMA Al Azhar 5 Cirebon, dan SMA Negeri 1 Jatitujuh Majalengka untuk menyaksikan langsung pemeriksaan barang penumpang dari perbatasan yang tiba di BIJB Kertajati.

Upacara bertajuk ‘Bea Cukai dan SMA Menuju BIJB’ ini diikuti sekitar 60 siswa, dan dilaksanakan pada malam Wesde (24/7).

BACA JUGA: Dorong Pemberdayaan Ekonomi FGD di Pulau Morotai, Bea Cukai Maluku Ungkap Hal Ini

Selain itu, mahasiswa juga diajak untuk mengikuti simulasi peran karyawan dan penumpang di bandara yang memberikan gambaran langsung mengenai tanggung jawab masing-masing orang.

Karya ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai pentingnya pelayanan kepabeanan dan pembayaran, khususnya dalam menjaga keamanan nasional.

Dikatakannya, membekali mahasiswa dengan pemahaman tentang kepabeanan dan pelayanan pembayaran merupakan hal yang penting, terutama pengetahuan dasar tentang ekspor dan impor, ketentuan barang penumpang yang akan diekspor dan perdagangan internasional melalui e-commerce.

“Kami berharap pengajaran kepada mahasiswa dapat mendorong minat generasi muda untuk berkontribusi menjaga keamanan negara melalui kebudayaan, dan memberikan informasi tentang kebudayaan kepada sahabat dan keluarga,” pungkas Encep (jpnn).

BACA JUGA… Terima MV National Geographic Orion, Dinas Kebudayaan dan Cukai Belawan Pastikan Berikan Pelayanan Terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *