Pertamina Gelar Pengibaran Bendera Bawah Laut hingga Pemberian Beasiswa

saranginews.com, JAKARTA – Pertamina Group menyelenggarakan kegiatan Proyek Sosial dan Lingkungan Indonesia (TJSL) di usianya yang ke-79.

Fadjar Djoko Santoso, Vice President Corporate Communications PT Pertamina (Persero), mengatakan Pertamina melaksanakan kegiatan TJSL untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan lingkungan.

Baca Juga: Ikut Perayaan HUT RI Ke-67 di IKN, Ini Kata Dirut Pertamina

“Sebagai BUMN, Pertamina berkomitmen untuk melanjutkan proyek TJSL yang berdampak positif terhadap keberlanjutan sosial dan ekologi seluruh operasionalnya,” kata Fadjar.

Selama bulan Agustus, tambah Fadjar, Pertamina melaksanakan kegiatan khusus. Untuk mengungkapkan rasa syukur atas nikmat kebebasan yang diterima bangsa Indonesia.

Baca selengkapnya: Pertamina mendaur ulang ribuan seragam

Kegiatannya antara lain: PT Pertamina International Shipping (PIS) merayakan HUT RI ke-79 dengan mengibarkan bendera Merah Putih di bawah laut. Hal ini akan dilanjutkan dengan transplantasi karang untuk melindungi ekosistem dan menstabilkan kawasan Gili Trawangan.

Kegiatan yang berlangsung pada Sabtu (17/8) mengusung tema ”BerSEAnergi for the Sea’, sebuah proyek untuk menstabilkan ekosistem laut dan kesejahteraan masyarakat pesisir.

Baca: Pertamina Patra Niaga memecat pegawai SPBU tambahan

Pengibaran bendera merah putih di bawah laut juga tengah dilakukan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN), anak usaha gas Pertamina.

Operasi tersebut dilakukan oleh insan PGN dan masyarakat sekitar perairan Pulau Tabuhan, Banyuwangi. PGN juga menyelenggarakan program edukasi di SDN 1 Bengkak, Banyuwangi dalam proyek “Junior Sea Guardians” untuk memberikan edukasi kepada siswa tentang konservasi lingkungan terutama lautan dan peran penggunaan gas sebagai energi dalam transformasi

Sementara itu, PT Pertamina Patra Niaga bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Pemerintah Kota Depok dan anggota Komunitas Peduli Sungai Ciliwung melaksanakan kegiatan pembersihan sungai yang dituangkan dalam kawasan Festival Ciliwung 2024 pada 10 Agustus 2024. Penuh edukasi masyarakat dan pelajar tentang kepedulian lingkungan, pembersihan sungai dan pengibaran bendera merah putih sepanjang 79 meter pada tanggal 18 Agustus 2024.

“Tujuan dari acara ini adalah untuk mengedukasi anak-anak sekolah dan masyarakat umum tentang pentingnya berperilaku baik dan mengelola sampah. untuk mengurangi bencana seperti banjir dan tanah longsor,” tambah Fadjar.

Di kota lampung Unit Operasional Energi Panas Bumi Ulubelu PT Pertamina Tbk (PGE) merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dengan menyelenggarakan workshop strategi pengembangan bisnis berbasis kesehatan dan kesuksesan keluarga mandiri pangan (Kamasetra) yang diselenggarakan di Ubelu 15 Agustus 2024.

Pekerjaan ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan berkelanjutan yang dimulai dengan makanan bergizi berkualitas untuk meningkatkan kualitas keluarga.

Kali ini di Kalimantan, PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) memberikan beasiswa kepada 15 putra-putri masyarakat lokal terbaik di Kalimantan. Melalui Program Beasiswa Sobat Bumi Kalimantan (BSBK).

Program BSBK memberikan beasiswa penuh kepada lulusan SMA terpilih dan sederajat untuk belajar gelar sarjana (S1) di Universitas Kalimantan.

Penyerahan beasiswa secara resmi berlangsung pada acara pembukaan di Balikpapan pada Jumat (16/8/2024).

“Proyek-proyek TJSL Pertamina sejalan dengan tema Hari Kemerdekaan: Kepulauan Baru, Indonesia Maju. Harapannya, Pertamina bisa maju dan membangun bangsa,” tegas Fadjar.

Operasional TJSL Pertamina tidak hanya berlangsung pada Hari Kemerdekaan Republik Indonesia saja. Namun hal itu terus terjadi sebagai pedoman kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. Hal ini sejalan dengan komitmen Pertamina sebagai penggerak perekonomian negara. (jpnn) Jangan sampai ketinggalan video terbarunya:

Baca artikel lainnya… Pertamina mendistribusikan BBM ke Labuan Bajo melalui distribusi eksklusif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *