Hasto Sebut Soekarno Run Ajang Menggelorakan Spirit Kemandirian

saranginews.com – Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto dikejutkan dengan banyaknya masyarakat yang mengikuti Balapan Soekarno yang diselenggarakan parpol berlambang banteng berbintik putih itu.

Sebab, kata Hasto, antusiasme masyarakat yang mengikuti Soekarno Run menunjukkan bahwa masyarakat ingin menghidupkan kembali semangat kemerdekaan yang selalu diusung Proklamator Republik Indonesia, Soekarno atau Bung Karno.

BACA JUGA: PDIP Lawan Soekarno Run, Tema Berjalan Kaki

Diketahui, PDI Perjuangan menggelar Soekarno Run bertema Walking With Your Feet pada Minggu (18/8) di Parkir Timur Senayan, Gelora Bung Karno (SUGBK), Kompleks Stadion Utama, Jakarta.

“Bagaimana semangat Bung Karn berdiri membuktikan bahwa beliau mampu berjalan dengan semangat dan membangkitkan semangat komunikasi,” kata Hasto, Minggu.

BACA JUGA: KTP Kader PDIP Juga Dicuri, Hasto Duga Ada yang Ingin Jadikan Calon Boneka. 

PDI Perjuangan membuat tiga kategori pada lomba lari soekarno kali ini, yakni lomba lari 17 kilometer, delapan kilometer, dan 4,5 kilometer.

Hasto melanjutkan, PDI Perjuangan akan menjadikan Soekarno Run sebagai acara tahunan dalam rangka memperingati hari lahir Indonesia pada 17 Agustus 2024.

BACA JUGA: Kasat Narkoba Polres Barelang Diduga Terlibat Kasus Narkoba, Kompolnas angkat bicara

Orang yang dekat dengan Presiden PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputra mengatakan: “Ini akan menjadi acara tahunan PDI Perjuangan setiap tahunnya. Kami akan mengadakan Soekarno Run pada bulan Agustus.”

Hasto mengaku sesak napas saat mengikuti lomba lari delapan kilometer yang berlangsung selama 71 menit itu.

Sebelum saya menempuh jarak delapan kilometer, waktu yang saya tempuh sekitar 71 menit. Saya sudah mengi karena kurang tidur, katanya.

Politisi PDI Perjuangan yang juga cucu Bung Karn, Puti Guntur Soekarno dan putri Presiden DPR RI, Puan Maharani, Diah Pikatan Orissa Putri Haprani atau Pinka, juga ikut serta dalam Soekarno Run. 

Hasto mengaku berbincang dengan Puti saat sedang berjalan dan mengatakan bahwa putra Guntur Soekarnoputra ini menguatkan semangat Bung Karn dengan mengikuti Soekarno Run.

Mahasiswa Universitas Pertahanan (Unhan) itu melanjutkan, “Saya bilang, bapak-bapak ini tidak hanya mewakili semangat gagasan Sukarno, tapi juga semangat Sukarno.”

Hasto kemudian menjawab pertanyaan awak media mengenai kemungkinan PDI Perjuangan menggelar acara Soekarno Run yang diikuti sepuluh ribu peserta pada tahun depan, mengingat pada tahun 2024 acara tersebut diikuti sekitar enam ribu peserta.

Hesto mengatakan, “Kami bidik sepuluh ribu, karena medali harus cepat dipesan. Kami buka 6 hari, tapi ternyata langsung terjual ke enam ribu orang.”

Banyak politisi PDI Perjuangan seperti Komarudin Watubun, Yuke Yurike, Ina Amania, My Esti Wijayanti juga diketahui ikut serta dalam Soekarno Run. (ast/jpnn) Sudah nonton video terbaru dibawah ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *