Gelar Resepsi Kenegaraan, Penjabat Gubernur Jateng Berikan Penghormatan kepada Veteran

saranginews.com, SEMARANG – Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sujana mengatakan, perjuangan para pahlawan dan veteran yang membuka jalan menuju kemerdekaan NKRI patut mendapat apresiasi yang besar.

Setelah itu, Indonesia memperoleh kemerdekaan melalui kerja keras dan perjuangan yang menumpahkan darah.

BACA JUGA: Nana Sujana Soroti Capaian Pemprov Jateng Jelang HUT Kemerdekaan RI, Ekonomi Tumbuh 4,92%

“Ini merupakan sambutan selamat datang untuk menunjukkan rasa syukur kita sebagai anak bangsa atas kemerdekaan Republik Indonesia. Juga untuk menghormati jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur sebelum kita, kata Nana Sujana pada resepsi HUT ke-79 Republik Indonesia di Rumah Gubernur Jawa Tengah, Sabtu, 17 Agustus 2024.

Dalam rangka memperingati perjuangan tersebut, resepsi kenegaraan tingkat pusat Provinsi Jawa juga menyampaikan simpati kepada para veteran dan perempuan yang kehilangan suaminya pada kemerdekaan pertama Indonesia.

BACA LEBIH LANJUT: Veteran UPN Jakarta akan luncurkan program sarjana film, televisi dan jurnalisme

Nana Sujana yang iba membantu langsung keempat anak angkatnya, yakni Tri Harsono dan FH Haryanto (eks tentara) untuk merehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH) masing-masing senilai Rp 20 juta.

Selain itu, Hotima dan Rahayu (janda pionir kemerdekaan) diberikan bantuan kemanusiaan masing-masing sebesar 10 juta Naira.

BACA JUGA: PLN Icon Plus sukses dukung pelaksanaan HUT ke-79 RI di IKN.

Menurut Nana, kemerdekaan Indonesia hendaknya diisi dengan hal-hal yang baik seperti menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, menciptakan kerja sama untuk kemaslahatan rakyat, dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Kali ini Nana juga menyampaikan bahwa Provinsi Jawa Tengah telah mencapai banyak keberhasilan dalam meraih kemerdekaan tersebut. Hal ini mencakup pertumbuhan ekonomi, pengendalian inflasi dan peningkatan investasi.

Bahkan dengan adanya pengangguran dan kemiskinan, jumlah ekstremis telah menurun.

“Ini menunjukkan kesejahteraan masyarakat sudah meningkat, namun pekerjaan rumah kita terhadap pembangunan Jawa Tengah masih banyak,” ujarnya.

Oleh karena itu, Nana mengajak seluruh lapisan masyarakat di Jawa Tengah untuk bahu-membahu mewujudkan masyarakat Jawa Tengah yang sejahtera baik lahir maupun batin.

“Saya berharap kedepannya kita bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memajukan Jawa Tengah,” ujarnya.

Pada tahun 2024, di tingkat Provinsi Jawa Tengah, upacara penyambutan kenegaraan dalam rangka HUT ke-79 Republik Indonesia berlangsung dalam konteks berbeda.

Halaman kantor gubernur sangat indah dan dihias untuk menyenangkan hati para veteran yang mengabdi pada kemerdekaan dan para pemangku kepentingan di Jawa Tengah.

Tak ketinggalan, pertemuan tersebut dihadiri oleh para pedagang kaki lima yang biasa berbelanja di sekitar gubernur. Ini bentuk Pemprov Jateng fokus pada UMKM (jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *