PLN Icon Plus Sukses Dukung Pelaksanaan Upacara HUT ke-79 RI di IKN

saranginews.com, IKN – PLN Icon Plus sebagai hiburan Beyond kWh PT PLN (Persero) menunjukkan komitmennya dalam mendukung kebutuhan telekomunikasi di Indonesia, khususnya dalam penyelenggaraan HUT ke-79 Republik Indonesia di ibu kota nusantara ( IKN).

Pada tanggal 9 Agustus 2024, PLN Icon Plus mendapat tugas penting dari Menteri Luar Negeri (Kemensetneg) untuk menunjang kebutuhan jaringan internet dan teknologi informasi dalam rangka peringatan dua tahun kampanye dan penurunan bendera pada tanggal 17 Agustus 2024. di IKN.

BACA: PLN Indonesia Power menjadi perusahaan global

PLN Icon Plus sendiri telah menyelesaikan pembangunan peralatan komunikasi serat optik sepanjang 33.129 kilometer atau sebesar 74,6 persen.

Investasi ini merupakan bagian dari proyek infrastruktur ketenagalistrikan di IKN sepanjang 44.400 km.

BACA: PLN Icon Plus Raih 2 Penghargaan Bergengsi di TJSL & CSR Award 2024

Direktur Utama PLN Icon Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi mengatakan pihaknya telah menyiapkan infrastruktur komunikasi yang andal dan aman untuk mendukung terselenggaranya acara promosi kedua pada 17 Agustus 2024 di ibu kota baru tersebut.

“Kami bangga dapat bekerja mendukung acara kenegaraan ini dengan memberikan solusi konektivitas dan keamanan siber terbaik,” kata Ari dalam keterangannya, Sabtu (17/8).

BACA LEBIH LANJUT: PLN Power Indonesia membuka lokasi produksi biomassa di Kota Medan

Selain itu, PLN Icon Plus telah mengimplementasikan seluruh layanan komunikasi dan keamanan siber yang diperlukan untuk mempersiapkan sistem tenaga listrik untuk festival tersebut, yang meliputi 15 SCADA dan koneksi keamanan, 15 sistem CCTV, Internet dan firewall yang telah teruji dan berfungsi dengan baik.

Untuk menjaga kehandalan sistem selama acara berlangsung, PLN Icon Plus menginformasikan kepada 78 pegawai, 22 mobil dan 2 sepeda motor yang didistribusikan di 19 titik area utama IKN.

“Seluruh pegawai akan memastikan kehandalan sistem backbone yang telah beroperasi sejak 14 Agustus 2024, sehingga seluruh acara seremonial dapat berlangsung tanpa kendala,” ujarnya.

Jaringan penyiaran di IKN mendukung 2 POP utama yaitu melalui GIS4 dan GH Sementara dan jaringan fiber optik yang mendukung tiga sistem fiber optik dari POP Sepaku, GI Petung dan GI Kariangau.

Sistem daya dan cadangan juga didukung sebagai satu kesatuan untuk menjaga keandalan sistem selama acara berlangsung.

PLN Icon Plus juga mendukung jaringan komunikasi 14 SPKLU.

Ditambahkannya, “Dengan seluruh sumber daya handal yang telah disiapkan, PLN Icon Plus berkomitmen untuk menyukseskan acara tersebut dan mendukung transformasi Indonesia menuju era digital yang indah dan berkelanjutan.” (mcr4/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *