Terima Bintang Mahaputera Narary dari Jokowi, Ahmad Basarah Berterima Kasih ke Megawati

saranginews.com, JAKARTA – Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah menerima penghargaan Bintang Mahaputera Nararya dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (14/8).

Bintang Mahaputera Nararya diberikan kepada putra-putra negara yang dinilai mampu menjaga keutuhan, muka, dan kehormatan negara kesatuan Indonesia.

BACA: Ahmad Basarah Rekomendasikan Ucapan Pancasila di Rapat Pemerintah

Basarah mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dan Dewan Penghormatan Jasa dan Kehormatan Negara yang menilai dirinya telah menjaga keutuhan bangsa ini dengan baik.

“Ini suatu kehormatan besar bagi saya. Oleh karena itu, saya patut mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri yang tanpa kepercayaan, dorongan, dan bimbingan berharganya mustahil kita bisa mencapai kesuksesan seperti ini,” kata Ahmad Basarah dalam keterangannya, Kamis (15/8).

BACA: Chico menduga isu Paskibraka Hijab sebagai sasaran penyerangan terhadap Megawati dan PDIP

Ketua Umum PDI Cabang Perjuangan ini mengaku senang dianggap sebagai salah satu anak negara yang sangat berperan dalam menjaga keutuhan dan kesatuan Negara Kesatuan Indonesia (NKRI).

Diakuinya, selama lebih dari sepuluh tahun, empat perempat MPR bekerja di seluruh pelosok tanah air untuk menjaga persatuan dan kesatuan negara sebagai suatu kesatuan bangsa dan negara. standar lokal dan negara bagian yang baik.

BACA LEBIH LANJUT: Diperbaiki! Megawati meminta agar Pilkada 2024 tidak dirusak oleh kecurangan yang dilakukan TSM

Dijelaskannya, “Di berbagai sekolah, universitas, organisasi aktivis, dan organisasi kemasyarakatan di berbagai komunitas di tanah air, saya selalu mengkampanyekan Pancasila sebagai gagasan untuk menyatukan negara,” jelasnya.

Selama ini, kata Basarah, ia menekankan bahwa bangsa adalah takdir Tuhan Yang Maha Esa.

Bintang Mahaputera Nararya yang saya terima juga saya anggap sebagai wujud kepedulian negara atas apa yang saya dakwahkan selama ini, kata Ahmad Basarah.

Menjelang HUT ke-79 RI, baru 10 warga negara yang mendapat penghargaan Bintang Mahaputera Nararya, empat di antaranya menjabat Wakil Ketua MPR, Ahmad Basarah, Ahmad Muzani, Lestari Moerdijat, dan Jazilul Fawaid.

Enam kepala negara lainnya juga mendapat penghargaan bintang Mahaputera Nararya, yakni Wakil Ketua DPD Nono Sampono, Wakil Ketua DPD Sultan Baktiar Najamudin, Menteri Pertanian dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Agus Harimurti Yudhoyono, Menteri. Bidang Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Direktur Jenderal Kongres Perempuan Indonesia Sri Woerjaningsih, dan Manajer Profesional BRIN Yohanes Purwanto.

Penghargaan Bintang Mahaputera Nararya yang diterima Ahmad Basarah tahun ini melengkapi Penghargaan Bintang Jasa Utama yang juga diterimanya dari Presiden Jokowi pada tahun 2020.

Penghargaan ini diberikan kepada Ahmad Basarah, karena dianggap sebagai sosok yang berjasa besar dalam suatu bidang atau kegiatan yang bermanfaat bagi keamanan, kesejahteraan, dan kebesaran bangsa dan negara.

Selain panitia yang ditunjuk Presiden Jokowi, banyak anggota yang menilai Ahmad Basarah patut diberi bintang atas pentingnya menyuarakan prinsip-prinsip Pancasila.

Atas kegigihannya menyebarkan informasi tentang Pancasila, Ahmad Basarah berhasil meraih penghargaan bergengsi sebagai “Pembuat Berita Positif 2023” dalam acara TIMES Award yang digelar di Grand Mercure Malang Mirama, Kota Malang, Jawa Timur pada Minggu (17/12/2023).

Penghargaan ini diberikan antara lain karena beliau dikenal sebagai salah satu pimpinan MPR yang paling banyak menerbitkan artikel atau paling banyak berbicara melalui media tentang muatan Pancasila di dalamnya. Buku terbitan tahun 2024 berjudul ‘Media, Propaganda, Kolaborasi Politisi: Studi Kasus Publisitas Bumikan Pancasila Ahmad Basarah’ menyebutkan, pada tahun 2022 saja, media menerbitkan 13 berita tentang Ahmad Basarah yang semuanya mengangkat tema atau membahas Pancasila.

Sedangkan pada tahun 2023, terdapat 18 artikel tentang Pancasila dari berbagai media dari Ahmad Basarah. (mrk/jpnn) Jangan lewatkan video Pilihan Editor ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *