PPN Bentuk Satgas Pastikan Distribusi BBM dan LPG ke IKN Terpenuhi

saranginews.com – BALIKPAPAN – Pertamina Patra Niaga membentuk Satuan Tugas (Satgas) untuk memastikan distribusi BBM dan LPG di Ibu Kota Negara (IKN) dalam rangka perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-79.

Masa jabatan Satgas dimulai pada tanggal 1 Agustus 2024 dan berakhir pada tanggal 31 Agustus 2024.

BACA JUGA: Pertamina salurkan BBM Labuan Bajo melalui distribusi khusus

Menurut Sekretaris Perusahaan Pertamina Patra Niaga Happy Wulansari, PPN juga telah mengambil berbagai langkah strategis untuk memastikan distribusi listrik tidak terputus.

“Pertamina Patra Niaga telah menambah cadangan bahan bakar di beberapa titik kritis di sekitar IKN, termasuk penyediaan LPG dan cadangan distribusi. Selain itu, berbagai infrastruktur pendukung, termasuk tangki dan fasilitas penyimpanan, telah disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan permintaan pada hari raya nanti,” kata Happy dalam keterangannya, Jumat (16/8).

BACA JUGA: Bak Nin bercerita tentang Kondisi Jalan di IKN, Mengendarai Mobil Hingga Muntah-muntah

Sementara itu, Penghubung Wilayah, Direktur Penghubung dan Tanggung Jawab Sosial Kalimantan Perthamina Patra Niaga Arya Yusa Dwikandra mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan dan memberitahukan fasilitas penyimpanan.

Seperti Terminal Terpadu (IT) Balikpapan, Aviation Fuel Terminal (AFT) Sepingan dan APT Pranoto Samarinda.

BACA JUGA: Di HUT IKN Ke-79 RI, Politisi PKB Ini Ungkap Harapan 

Kota Balikpapan memiliki 15 SPBU reguler dan dua SPBU modular, sedangkan Penajam Paser Utara memiliki empat SPBU reguler dan tiga SPBU mini.

Lalu ada empat Pertashop, satu SPBU modular, enam SPBU saku berbentuk tanker, dua jasa pengepakan, dua pikap kemasan, dan lima sepeda motor.

“Dua SPBU MyPertamina diresmikan hari ini untuk mendukung distribusi energi di wilayah IKN,” kata Arya.

Dia mengatakan, kedua SPBU tersebut memiliki kapasitas penyimpanan masing-masing 10 kiloliter (KL). Terletak di Desa Bukit Raya, Sepak, Punjab Paser Utara dan Jalan Lethkol. genus H.M. Asnavi Arbain, Desa Gunung Bahagia, Balikpapan.

Pertamina Patra Niaga wilayah Kalimantan juga terus berkoordinasi secara intensif dengan berbagai pihak terkait untuk memastikan kelancaran distribusi BBM dan LPG.

Gugus tugas ini siap siaga 24 jam sehari untuk memastikan kebutuhan energi terpenuhi secara memadai.

“Kami juga telah melakukan pelatihan khusus bagi petugas lapangan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan respon cepat terhadap berbagai situasi yang mungkin timbul. Keselamatan dan keamanan distribusi listrik menjadi prioritas utama,” kata Arya.

Selain menjamin ketersediaan energi, Pertamina Patra Niaga juga berkomitmen menjaga kelestarian lingkungan selama acara berlangsung.

Berbagai inisiatif ramah lingkungan, seperti penggunaan bahan bakar ramah lingkungan dan pengurangan emisi, telah diterapkan sebagai bagian dari upaya berkelanjutan perusahaan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan di IKN.

“Kami bangga bisa berkontribusi dalam perayaan HUT RI ke-79 di IKN. Ini adalah momen bersejarah bagi bangsa dan kami berkomitmen akan berusaha semaksimal mungkin untuk mensukseskan acara tersebut,” kata Arya. (gir/jpnn)Video terpopuler hari ini:

BACA ARTIKEL LENGKAP… Pertamina menggenjot penyaluran BBM dan LPG di IKN jelang Hari Kemerdekaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *