Komisi IX DPR Desak Kemenkes Investigasi Dugaan Perundungan terhadap Mahasiswi Kedokteran Undip

saranginews.com – Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengkaji ulang sistem pendidikan program profesi dokter yang fokus pada pendidikan.

Inilah akibat dari tuduhan terhadap Dr. Aulia Risma Lestari, mahasiswa kedokteran Universitas Diponegoro (Undip), hingga dokter muda tersebut meninggal dunia yang diduga bunuh diri.

BACA JUGA: Banyak Mahasiswa Undip yang Merasa Keracunan Saat Ujian Mahasiswa

“Kami mendorong Kementerian Pendidikan dan Kementerian Kesehatan untuk melakukan kajian menyeluruh dan komprehensif terhadap sistem pendidikan program kesehatan profesi yang fokus pada pendidikan dan menghilangkan segala bentuk penyalahgunaan dalam dunia pendidikan kesehatan profesional,” Rahmad Handoyo ungkapnya, Kamis (15/8).

Rahmad sangat sedih dan khawatir dengan keadaan kasus bunuh diri tersebut, karena tersangka diduga tidak kuat menjadi korban.

BACA JUGA: Kampus sekolah mengungkap fakta baru mahasiswa kedokteran Undip yang bunuh diri

Menurutnya, kasus ini menunjukkan tidak ada perubahan dalam pendidikan tenaga medis.

Rahmad menyayangkan penderitaan mahasiswa kedokteran di saat Indonesia kekurangan tenaga medis.

BACA: Reaksi Orang Tua Anggota Paskibraka dan Hukum Buang Kulit Pohon

“Jadi atas dasar itu dan untuk menimbulkan stop effect, pecat semua orang yang berkontribusi dalam kasus pelecehan dari UNDIP ini. Kalau tidak ada yang dipecat, maka orang berikutnya akan melapor dan pelecehan akan terus berlanjut,” lanjutnya.

Anggota DPR dari PDIP itu mendesak polisi mengusut dan mengusut tuntas melalui buku harian korban agar kasus ini terungkap dan tidak terulang kembali.

Ia mengatakan, “Kami menyerukan kepada sekolah-sekolah dan institusi medis yang berwenang memberikan pelatihan medis profesional untuk mengambil tindakan tegas dengan mengeluarkan mereka yang terbukti bersalah melakukan penyerangan dan perilaku non-akademik,” ujarnya.

Sebelumnya, Rektor Undip, Prof. Suharnomo mengatakan, mendiang Dr. Aulia Risma Lestari mempunyai permasalahan kesehatan yang dapat mempengaruhi jalannya studi.

Namun sesuai dengan prinsip privasi medis dan privasi almarhum, kami tidak bisa memberikan rincian permasalahan medis selama proses pendidikan berlangsung, kata Suharnomo, Kamis (15/8).

Suharnomo juga telah membantu kami melakukan hal ini sehingga kami dapat membantu orang lain di Undip dalam situasi saat ini.

“Melalui penelusuran internal kami, hal tersebut tidak benar. Suharnomo (mcr8/jpnn) mengatakan, “Almarhum merupakan mahasiswa yang mengabdikan diri pada pekerjaannya.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *