Pemerintah Siap Cetak 1 Juta Hektare Sawah di Merauke

saranginews.com – MERAUKE – Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) BKO Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian (Kementan) Mayjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani mengatakan pemerintah akan melakukan razia satu juta hektare sawah di Merauke, Papua Selatan.

Hal itu disampaikan Mayjen Ahmad Rizal kepada masyarakat Desa Uli-ul, Distrik Ilwayab, saat sosialisasi Kementerian Pertahanan dan Kementerian Pertanian.

BACA JUGA: Haji Isam Kembali Datangkan 264 Unit Ekskavator Untuk Proyek Pencetakan Padi di Papua

Pada Rabu (14/8), diadakan bakti sosial dalam rangka program pemerintah membangun rumah makan, akses jalan dan dermaga di Merauke, Distrik Ilwayab Papua Selatan.

Menurut Mayjen Ahmad Rizal yang didampingi Rektor PSP Kementan Hermanto, Kabupaten Merauke memiliki dataran yang luas, rendah dan datar serta lahan yang subur.

BACA JUGA: Tani Merdeka: Sudaryono Akan Lakukan Perubahan di Kementerian Pertanian

Oleh karena itu Kabupaten Merauke khususnya wilayah Ilwayab sedang mengembangkan sawah khususnya sawah, kata Mayjen Ahmad Rizal kepada masyarakat di Gedung Serba Guna Desa Uli Uli.

Menurut dia, pembangunan jalan dan dermaga juga penting karena memberikan akses masyarakat dan akses alat berat.

BACA JUGA: Ditjen BJPPH-PKH Koordinasikan Percepatan Sertifikasi Halal Produk Olahan Peternakan

“Pembangunan jalan tidak hanya untuk akses alat berat saja, tapi juga untuk masyarakat sehingga memudahkan perjalanan ke desa atau wilayah tetangga,” ujarnya.

Jenderal bintang dua itu mengumumkan luas lahan pertanian yang akan dibangun seluas 1 juta hektare yang mencakup wilayah Kabupaten Ngguti.

“Pembangunan jalan juga akan sampai ke Kecamatan Ngguti. Tentu bermanfaat bagi masyarakat, kedepannya jalan akan lebih baik. Keempat kabupaten tersebut akan dihubungkan dengan jalan yang bagus,” ujarnya.

Jenderal Rizal berharap kehadiran proyek nasional di Merauke mendapat dukungan dari masyarakat dan adat istiadat agar prosesnya berjalan lancar.

Hasilnya akan segera terlihat dan pasti membawa kesejahteraan bagi warga Desa Merauke dan Uli Uli (gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA… Mentan Amran gencar kerja hari pertama razia 500 ribu hektare sawah di Meraukees

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *