Menteri LHK: Partisipasi Publik Penting dalam Pembangunan Lingkungan Hidup & Kehutanan

saranginews.com – JAKARTA – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaja mengatakan partisipasi masyarakat di Indonesia merupakan salah satu yang terbaik dan berperan penting dalam upaya pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan, sehingga diapresiasi dalam Vanavisata Ekemplari Award 2024.

“Dalam perjalanan saya ke berbagai negara dan kerja internasional selama 10 tahun menjabat sebagai Menteri LHK, saya menemukan bahwa partisipasi masyarakat di Indonesia, menurut saya, termasuk yang terbaik, paling tulus dan bermakna dalam pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan,” kata Menteri LHK Siti. Nurbaiah pada tahun 2024. Anugerah Konservasi Alam Nasional Vanaconservation disaksikan secara daring di Jakarta, Kamis (15/8).

BACA JUGA: Menteri Siti Nurbaja: Dalam 10 tahun, KLHK raih berbagai keberhasilan

Ia mencontohkan beberapa contoh aksi nyata di lapangan yang dilakukan baik oleh masyarakat maupun aparat yang berdampak besar, antara lain petugas pemadam kebakaran, pendamping perhutanan sosial, pekerja ekonomi sirkular, masyarakat iklim, staf konservasi alam dan lain sebagainya.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya juga menyampaikan terima kasih kepada individu, kelompok, dan aparat pemerintah atas kiprahnya di bidang lingkungan hidup dan kehutanan yang terwakili dalam 14 kategori Van Konservasi Teladan pada acara hari ini.

BACA JUGA: Pesan Penting Menteri LHK Siti Nurbai kepada Negosiator Indonesia di COP29

“Peran yang sangat penting dan sangat berarti dalam menyoroti dan mendukung berbagai hasil kerja di bidang lingkungan hidup dan kehutanan dalam 10 tahun terakhir,” ujarnya.

Siti Nurbaya mengenang, perkembangan lingkungan hidup dan kehutanan di Indonesia telah mendapat perhatian dan pengakuan dari berbagai kalangan internasional dalam beberapa tahun terakhir.

BACA JUGA: Wakil Menteri LHK Alue Dohong: Generasi muda tak kenal lelah memperbaiki lingkungan

Hal ini mencakup pengelolaan kebakaran hutan dan lahan, kehutanan masyarakat, pengelolaan sampah dan sampah, serta penegakan hukum dan konservasi.

Apresiasi tersebut merupakan hasil kerja kolektif berbagai pihak, termasuk partisipasi masyarakat dalam berbagai program pemerintah, serta kerja lingkungan dan kehutanan, seperti konservasi, perubahan iklim, dan lain sebagainya.

“Yang terpenting adalah upaya perbaikan yang kita lakukan dengan partisipasi sebanyak-banyaknya elemen masyarakat,” kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. (antara/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *