Menko Luhut: Semen Hijau SIG Mengubah Industri Konstruksi dan Indonesia

saranginews.com, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan memuji komitmen PT Semen Indonesia (SIG) melalui produk semen ramah lingkungan dan solusi berkelanjutan.

Inovasi SIG pada semen ramah lingkungan dan turunannya dianggap sebagai terobosan besar dalam industri konstruksi berkelanjutan.

Baca Juga: SIG berupaya menerapkan praktik terbaik GCG dalam setiap aktivitas operasional

Untuk mendorong perekonomian berkelanjutan, pemerintah fokus menjadikan IKN sebagai kota berkelanjutan pertama di Indonesia.

Hal ini sejalan dengan upaya Indonesia untuk mencapai tujuan perekonomian tahun 2045, yang akan menjamin pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkeadilan, kota hemat energi, energi terbarukan, dan pembangunan berkelanjutan rendah karbon melalui pembangunan pesat di wilayah timur Indonesia.

Baca: Menyenangkan! Pegadayan punya penawaran menarik

SIG telah memperkenalkan bahan bangunan rendah karbon dan berbagai solusi berkelanjutan, sehingga menghasilkan proses manufaktur yang inovatif dan ramah lingkungan.

Luhut mengatakan, peran mencapai pembangunan berkelanjutan harus dimiliki oleh semua kalangan, termasuk para pelaku industri.

Baca Juga: Salonpas Sports 10K Run Hadir Lagi, Daftar Sekarang!

Mengomentari proyek pembangunan di IKN, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan banyak aspek yang harus diperhatikan untuk mendukung desain kota berkelanjutan, termasuk pemilihan material yang mendukung desain kota berkelanjutan.

“Kita punya BUMN di bidang bahan bangunan yang punya green semen atau semen ramah lingkungan seperti SIG. Ini adalah langkah cerdas yang akan mengubah industri konstruksi dan Indonesia. Pemerintah membutuhkan dukungan dan komitmen untuk memungkinkan inovasi yang dilakukan SIG. Untuk itu, saya sangat mendukung penggunaan semen hijau pada proyek-proyek pemerintah seperti IKN, karena akan menjadi contoh bagi daerah lain untuk mengadopsi konstruksi berkelanjutan dan mempercepat tujuan nol emisi Indonesia, kata Luhut.

Luhut menambahkan, inisiatif dekarbonisasi SIG tidak hanya mendukung pencapaian target net zero emisi yang dicanangkan pemerintah, namun juga merupakan cerminan nyata kepemimpinan codeshare SMGR sebagai pemimpin industri strategis. Mendukung pembangunan negara.

Pada tahun 2020, Luhut mengubah fasilitas pengelolaan sampah kota pertamanya menjadi bahan bakar alternatif (RDF) di Silakap, Jawa Tengah, Indonesia.

Dari fasilitas yang dioperasikan oleh anak perusahaan SIG, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk ini, Pemkab Silakap akan mengatasi permasalahan sampah daerah dan SIG akan mendapatkan bahan bakar rendah karbon sebagai pengganti batu bara. (Chi/jpnn) Jangan lewatkan video terbarunya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *