Bamsoet Sebut Ribuan Tamu Akan Hadir di Sidang Tahunan MPR 2024 Besok

saranginews.com, JAKARTA PUSAT – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) memastikan MPR siap menggelar Sidang Tahunan MPR 2024 pada Jumat (16/8) pukul 09.30 WIB di Gedung Nusantara DPR/MPR/DPD bangunan.

Presiden Joko Widodo akan menghadiri Rapat Tahunan MPR RI 2024 dan menyampaikan pidato mengenai kinerja lembaga negara.

BACA: Rapat Tahunan MPR, Presiden Terpilih dan Wakil Presiden Hadir

“Sidang Tahunan MPR merupakan wadah menjaga kedaulatan rakyat, mengembangkan demokrasi, serta menjadi kesempatan memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga negara sebagai pengusung kedaulatan rakyat,” kata Bamsoet usai meninjau persiapan Sidang Tahunan MPR di Gedung Nusantara, Gedung DPR/MPR/DPD Jakarta Pusat, Kamis (15/8).

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menjelaskan, Rapat Tahunan MPR akan digelar bersama DPR dan DPD.

BACA JUGA: MPR Gelar Rapat Tahunan, Siti Fauziah: Perlunya Kolaborasi Antar Satker

Sidang Tahunan MPR ini akan dihadiri oleh kurang lebih 2.022 orang yang terdiri dari 1.222 orang tamu undangan di Gedung Nusantara dan 800 orang tamu undangan di Area Plaza Gedung Nusaantara IV Komplek Gedung DPR/MPR/DPD.

Yang diundang antara lain presiden dan wakil presiden, mantan presiden dan wakil presiden, wakil ketua MPR/DPR/DPD, pimpinan lembaga negara, seluruh anggota MPR, menteri Kabinet Indonesia Progresif, pejabat setingkat menteri, Ketua Umum Partai Politik, Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat, Ketua Komisi Pengkajian Konstitusi MPR, Ketua Organisasi Keagamaan, dan tokoh-tokoh terkemuka dari berbagai daerah.

BACA: Catatan Keuangan Rapat Tahunan 2023-2024. Di sini Anda bisa mengetahui detail kenaikan gaji PNS

“MPR telah melakukan berbagai persiapan agar agenda Sidang Tahunan MPR Tahun 2024 berjalan lancar dan sukses, termasuk rapat permusyawaratan dengan Presiden RI pada tanggal 28 Juni 2024. Guna memantapkan persiapan, bersih-bersih latihan telah dilakukan.” di Gedung Nusantara, Gedung DPR/MPR/DPR RI,” kata Bamsoet.

Menurut dia, selain agenda Sidang Tahunan MPR 2024, MPR juga akan menyelenggarakan beberapa agenda nasional.

Agendanya antara lain konferensi nasional dalam rangka memperingati Hari Konstitusi dan perayaan Hari Konstitusi pada tanggal 18 Agustus di Gedung Nusantara IV, Kompleks Gedung DPR/MPR/DPD.

Presiden Jokowi diperkirakan akan menghadiri peringatan Hari Konstitusi.

“Peringatan Hari Konstitusi tanggal 18 Agustus merupakan rangkaian sejarah yang tidak dapat dipisahkan dari lahirnya Pancasila pada tanggal 1 Juni dan Hari Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus. Pada hari yang sama, Bung Karno dan Bung Hatta dilantik sebagai Presiden dan Wakil pertama Presiden Republik Indonesia,” kata Bamsoet.

Ia juga mengatakan, MPR RI juga menyelenggarakan kompetisi jurnalisme dalam rangka Hari Konstitusi bekerja sama dengan Koordinator Jurnalis Parlemen (KWP).

Peserta lomba merupakan anggota KWP 2024 yang merupakan jurnalis media cetak dan online yang tersertifikasi Dewan Media.

“Dalam rangka rangkaian Peringatan HUT ke-79 MPR, akan dilaksanakan kegiatan olah raga dan wisata olah raga di lokasi tersebut pada tanggal 31 Agustus 2024​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​. . Selain itu juga akan dilaksanakan “Pameran Perpustakaan MPR RI” pada tanggal 29 – 31 Agustus 2024 yang menghadirkan perpustakaan BPK, DPD, Komisi Kehakiman, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Perpustakaan Nasional, dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah DKI Jakarta. . Benteng Bamsoet (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA… Fadel Muhammad mengomentari kelancaran Sidang Tahunan MPR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *