Rayakan Kekayaan Budaya Lewat Indonesian Culture Festival, Catat Tanggalnya

saranginews.com do JAKARTA – Lippo Malls Indonesia, mall terbesar di Indonesia, merencanakan kegiatan mulai 1 Agustus hingga 31 Agustus 2024 dengan mengusung tema “Festival Kebudayaan Indonesia”.

Aksi ini merupakan bagian dari perayaan Hari Kemerdekaan RI ke-79.

Baca juga: Mendorong perbaikan pengelolaan hutan; 3 Kemitraan Perhutani meraih penghargaan di LIKE 2 Festival

Dalam konteks ini Lippo Malls akan mengadakan festival fashion, mulai dari festival memasak dan tarian daerah, berbagai aktivitas di area perbelanjaan yang menampilkan keindahan budaya Indonesia.

Layanan ini bekerja sama dengan Lippo Malls dan UMKM.

Baca juga: Festival Payung Api; Pameran kolaboratif yang melibatkan integrasi budaya dan seni

 Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 79, “Tema Festival Kebudayaan Indonesia” adalah pakaian adat, kekayaan pakaian adat, pakaian adat, tarian dan masakan tradisional yang kami siapkan di Lippo Malls. “Dengan toko kami yang tersebar di 36 kota di Indonesia, semangat Bhinneka Tunggal Ika,” ujar Santiwati Basuki, Manajer Pemasaran Bisnis Bhinneka Tunggal Ika, menjadi kekuatan untuk menggalakkan apresiasi terhadap kekayaan dan keragaman budayanya. . PT Lippo Mall Indonesia

Lippo Mall Kemang menjual kain dan pakaian batik; Sebuah pameran digelar yang memamerkan banyak produk Indonesia seperti kerajinan tangan lokal dan kuliner tradisional khas Indonesia.

Baca juga: Pesona Tari Henna Meriahkan Malam Festival Payung Api

Selain pameran, Lippo Mall Kemang mengadakan acara budaya setiap akhir pekan. Serangkaian ceramah dan lokakarya disajikan bekerja sama dengan pemerhati budaya dan pecinta mode.

Bekerjasama dengan sanggar seni dan budaya, keindahan tari dan musik dari berbagai daerah di Indonesia akan dinikmati di panggung atrium utama pada minggu kedua dan ketiga bulan Agustus.

Sebagai cerminan sejarah Indonesia, Lippo Mall Kemang menampilkan kapal besar era Sunda Kelapa dengan benteng terpasang di depan kapal.

Pecinta kuliner bisa menikmati beragam kuliner Indonesia di Gajah Mada Plaza, sebuah mall di pusat kota Jakarta.

Selain itu, Pluit Village yang berlokasi di Jakarta Utara menyajikan hidangan berukuran besar, Kami menawarkan makanan khas Indonesia mulai dari jajanan hingga minuman khas khas Indonesia yang terkenal di masyarakat.

Selain itu, Vibrant Sumatra juga menjadi tema kegiatan di Cibubur Junction yang dilaksanakan pada tanggal 21 Agustus hingga 1 September 2024 di Main Lobby yang menampilkan kuliner khas Sumatera.

Diantaranya adalah sate Padang; Nasi Kapau Martabak Kubang pempek palembang, mie aceh, pasta celor tempoyak, es krim kacang merah seperti kue pendap dan es krim durian Iko Gantinyo.

Selain itu, pertunjukan seni budaya tari Sumatera dari Semarak Sumatera di Persimpangan Cibubur seperti tari Saman dan Bungong Jempa dari Aceh; Tari Rantak Minang dan Piring dari Sumatera Barat; Tari Japin Melayi dari Bangka Belitung; Tari Soleram dari Serampang dan Jambi dan Riau; Tari Serawai berasal dari Bengkulu dan secara tradisional ditampilkan dengan pakaian adat Sumatera.

Acara yang disponsori oleh Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Timur ini rencananya akan dibuka oleh Walikota Jakarta Timur dan Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Timur.

Lomba Tari Monotambe yang merupakan salah satu tarian asal Sulawesi Selatan akan dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 2024 di Alun-Alun Kota Kediri.

Mall di Jawa Barat yang dikenal dengan nama Bandung Indah Plaza menampilkan kesenian dari Jawa Barat dengan mengadakan Lomba Tari Jaipong, menampilkan musik tradisional angklung Jawa Barat, dan menyuguhkan Jajanan Pisan Sunda yang berisi makanan khas Jawa Barat.

Plaza Medan Fair Sumatera Utara yang berlokasi di Medan menyelenggarakan “Pariwisata Aceh” bekerja sama dengan pemerintah daerah Aceh, dengan kejadian parkir di depan Plaza Medan Fair.

Para tamu bisa menikmati kopi Solong, Keistimewaan produk khas Aceh bisa dilihat terlebih dahulu dengan banyaknya produk-produk unggulan UMKM seperti kuliner khas Aceh dan oleh-oleh khas Aceh.

Pariwisata di Aceh dipenuhi dengan budaya dan seni panggung khas Aceh, termasuk tari Ratoeh Jaroe.

Di NTT, Lippo Plaza Kupang menampilkan pertunjukan seperti tari dan busana daerah dengan mengadakan NTT Casual Weaving Fashion Show Competition.

Kompetisi tersebut menampilkan kain tenun sebagai Wastra Indonesia yang menarik dan dikenal hingga mancanegara.

“Festival Kebudayaan Indonesia akan menampilkan kekayaan budaya Indonesia dalam semangat Bhinneka Tunggal Ika, mengingatkan kita bahwa budaya setiap daerah di Indonesia sangat penting untuk kita jaga.” kata Santi (flo/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *