MPR Raih Penghargaan Atas Penerapan Sistem Merit dalam Pengisian JPT 2023 dari KASN

saranginews.com, Jakarta – Komisi Kepegawaian Negara (KASN) memberikan kesempatan kepada MPR untuk menerapkan sistem merit untuk mengisi jabatan pimpinan senior (JPT) tahun 2023 dengan nilai baik dan berhasil meraih nilai 90,75.

Keberhasilan tersebut sekaligus menjadikan MPR menduduki posisi kedua tertinggi dari 17 lembaga negara lainnya.

Baca Juga: Siti Fauziah Undang Humas Kementerian dan Lembaga Negara Hadiri Sidang MPR 2024.

Penghargaan berupa sertifikat diserahkan langsung oleh Pengkaji Pimpinan Senior KASN Rudiarto Sumarwono kepada Sekretaris Jenderal MPR Siti Fauziah pada Selasa (13/8).

Pada kesempatan itu, Bapak Rudiarto mewakili KASN mengucapkan selamat kepada MPR yang berhasil meraih jabatan tertinggi kedua dari 17 Instansi Pemerintah lainnya.

Baca Juga: Ketua MPR Bamsoet Terima Kunjungan Delegasi Palestina, Berdiri Tegaskan Posisi Indonesia

“Intinya sedikit sekali, kurang dari 0,25 untuk meraih gelar puncak. Saya yakin MPR ke depan akan meraih gelar yang sangat bagus,” kata Rudiarto.

Pak Rudiarto menyampaikan pemberian penghargaan ini merupakan salah satu tugas KASN dalam memantau penerapan sistem mutu untuk mencapai Reformasi sistem birokrasi.

Baca selengkapnya: Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat meminta pemerintah memperbaiki mekanisme pelayanan terhadap lansia

Rekrutmen JPT yang terbuka dan kompetitif merupakan bagian dari penerapan sistem merit dalam hal promosi dan mutasi.

Dikatakannya, “Ada banyak aspek penilaian yang mencakup lima dimensi dalam pengisian JPT, yaitu perencanaan, pelaksanaan pengisian, pelaporan pengisian, inovasi manajemen pengisian, dan pelanggaran pengisian JPT.”

Siti Fauziah atau akrab disapa Titi mengucapkan selamat kepada MPR yang telah meraih penghargaan istimewa dari KASN dengan predikat gemilang.

“Jumlahnya sangat kecil, hanya tinggal 0,25 lagi untuk meraih gelar yang sangat bagus.” Tentu ini menjadi penyemangat MPR untuk meraih gelar tersebut ke depannya,” kata Titi.

Ia mengungkapkan, Sekjen MPR sebenarnya melakukan pemilihan terbuka untuk mengisi jabatan menengah atas Eselon I.b Deputi Bidang Administrasi dan Deputi Pendidikan dan Perubahan Konstitusi pada tahun 2023.

Alhamdulillah, ternyata KASN mempertimbangkan semua itu dan mendapat nilai bagus dengan skor 90,75 serta menduduki posisi tertinggi kedua di antara lembaga negara lainnya, jelasnya.

Ibu Thidi berpesan kepada para pejabat di Sekretariat MPR agar penghargaan ini dapat menambah semangat kemajuan.

Selain itu, sistem rekrutmennya juga didasarkan pada sistem merit, dimana kemampuan setiap pegawai dinilai dan penilaiannya dilakukan secara spesifik dan rinci.

Oleh karena itu, saya mengajak seluruh pegawai untuk meningkatkan keterampilannya, jangan bermalas-malasan dan jangan khawatir terhadap kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan keterampilan seperti pelatihan atau lainnya. Pada dasarnya, jika Anda tidak ingin meningkatkan keterampilan Anda sendiri, itu akan lebih dari itu. Sulit untuk naik pangkat untuk menempati posisi yang seharusnya bisa diakses,” ujarnya. (mrk/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *