Survei Indodata di Sumsel: Petahana Beda Tipis dengan Heri Amalindo-Popo Ali

saranginews.com, Palembang – Indodata Research and Consulting Company merilis hasil survei terbaru dukungan pemilih terhadap tiga pasangan calon yang diperkirakan akan mengikuti Pemilihan Gubernur Sumatera Selatan (Samsel) 2024.

Dalam temuannya, Indodata menyebut posisi teratas adalah mantan Gubernur German Deru dan mantan Bupati Lahat Chika Ujang. Bupati Bali Hri Amarinda dan Bupati Okunan Poppa Alimar Topa berada di urutan kedua.

Baca juga: Airlangga Mundur dari Ketum Golkar, RK Masih Yakin Bisa Maju di Pilkada Jakarta 2024

Sedangkan mantan Wakil Gubernur Mawardi Yahya dan Ketua DPRD Sumsel RA berada di posisi terakhir. Anita Nolingatti.

Sigit Purnoma, Kepala Data dan Riset Aldi, menyampaikan temuan survei tersebut dalam keterangan tertulisnya, Selasa (13/8).

Baca juga: Hasil Survei LKPI: Warga Sumut Masih Pertimbangkan Agama, Suku di Pilkada 2024

Aldi mengatakan, Herman Deru-Chik Ujang saat ini memimpin dengan 42,1 persen, disusul Heri Amalinda-Popa Ali 29,8 persen, dan Mawardi Yahya-Anita 17,5 persen.

“Herman Drew-Cheek Ujang tetap berada di urutan teratas, dilampaui oleh Herri Amarinda-Poppa Ali di urutan kedua dan Mavardi Anita di urutan terbawah,” jelasnya.

Baca Juga: Jajak Pendapat SMRC: Andi Nirwana Menang Head to Head dengan Burhanuddin di Pilkada Bombana

Namun, Aldi menambahkan, selisih peringkat persetujuan antara Herman Deru-Chik Ujang dan Harry Amalinda-Popa Ali tidak terlalu besar, sekitar 12%. Kondisi seperti itu tentu kurang baik bagi Presiden saat ini Herman Drew.

“Selisih beberapa puluh persen itu terlalu berisiko bagi petahana seperti Drew. Apalagi kalau dijumlahkan dengan undecided voter atau pemilih yang belum memutuskan, sekitar 10,7 persen.” Herman “Keunggulan Drew sangat berbahaya,” kata Aldi.

Aldi kemudian menjabarkan mengapa kesenjangan dukungan antara Herman Drew dan calon pesaingnya tidak terlalu besar. Menurutnya, hal tersebut dikarenakan kinerja Herman Drew sebagai Gubernur Sumsel pada 2018 hingga 2023 kurang baik.

“Tingkat kepuasan dan persetujuan terhadap Herman Drew sebesar 48%, jauh di bawah rata-rata. Sebagai perbandingan, masyarakat Sumsel hanya 47,3% yang merasa puas. Hal ini menunjukkan bahwa masa jabatan Herman Drew tidak banyak yang dicapai dalam lima tahun.” Dapat disimpulkan beliau tidak berhasil dalam memerintah Sumsel,” jelasnya.

Selain itu, Aldi juga mengatakan, data menunjukkan proporsi masyarakat di Sumsel yang tidak menginginkan Herman Drew terpilih kembali menjadi gubernur cukup tinggi, yakni mencapai 54,3%. Sebagai perbandingan, sekitar 41,6% menginginkan Herman Drew terpilih.

Hasil ini semakin menegaskan bahwa masyarakat Sumsel sudah tidak lagi menunggu Herman Drew. Ya, mayoritas masyarakat menginginkan perubahan dan membutuhkan pemimpin baru, ujarnya.

Survei dilakukan pada tanggal 1 hingga 7 Agustus 2024.

Pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling atau pengambilan sampel acak multi tahap. Dengan 800 responden, margin of error sekitar 3,5% pada tingkat kepercayaan 95%. Sampel tersebar secara proporsional pada 17 kabupaten/kota di Sumatera Selatan. (Tan/JPNN)

Baca artikel lain… Kajian PSI tunjukkan Mukhtarom-Makmur lebih elektabel dibandingkan anggota parlemen yang duduk di Pilkada Pekalongan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *