Gempa Magnitudo 5,5 Terjadi di Ambon, Tidak Berpotensi Tsunami

saranginews.com – Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi gempa berkekuatan 5,5 skala Richter di Ambon, Maluku, Selasa (13 Agustus) pukul 02.12 WIB. Gempa tersebut kecil kemungkinannya menimbulkan tsunami.

Dalam peringatan dini yang dikeluarkan sistem aplikasi InfoBMKG di Jakarta, Selasa, dilaporkan pusat gempa berada di kedalaman 317 km lautan, sepanjang 5,55 Lintang Selatan (LS) -128,84 Bujur Timur (BT). ). atau 222 km tenggara kota Ambon.

Baca juga: BMKG pastikan gempa berkekuatan 7,2 SR di Jepang tidak berdampak pada Indonesia

Berdasarkan analisis seismik sementara BMKG, getaran gempa terasa hingga selatan Kabupaten Buru, Maluku, 226 km dari pusat gempa.

Meski gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami, namun masyarakat diimbau dan diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh dengan isu-isu yang meragukan hingga hasil analisis komprehensif atas peristiwa tersebut selesai dilaporkan oleh BMKG.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Riau 3 Agustus 2024 Ada Peringatan dari BMKG, Mohon Disimak!

Hasil analisis tersebut umumnya diperoleh masyarakat melalui aplikasi online infoBMKG, jejaring sosial infoBMKG, atau langsung menghubungi kantor BMKG terdekat. (Antara/JPNN)

Baca juga: Prakiraan Cuaca di Riau 2 Agustus 2024, Ini Peringatan BMKG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *