Totok Hariyono Ingatkan Bawaslu di Daerah Teliti Awasi Syarat Pencalonan Pilkada 2024

saranginews.com, JAKARTA – Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Totok Hariyano mengingatkan jajarannya di daerah agar cermat dan detail dalam memantau syarat pencalonan kepala daerah, baik calon perseorangan maupun partai politik.

Hal itu disampaikannya saat menutup Rapat Kerja Teknis Penyelesaian Sengketa Pemilu pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2024, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota Makassar.

BACA JUGA: Bawaslu: Partisipasi masyarakat penting dalam pengawasan Pilkada Serentak 2024

Dia menegaskan, Bawaslu berkomitmen memantau, menertibkan, dan menindak segala pelanggaran hukum pada tahapan pemilu dan pemilu.

“Setiap tahapannya harus kita pantau secara detail, dan ini tugas kita sebagai pemantau pemilu. Apalagi tahapan promosi dukungan individu saat ini harus diawasi secara ketat oleh para peneliti,” kata Totok dalam keterangannya, Senin (12/8). disajikan.

BACA JUGA: Pilkada di Depan Kita, Rehmat Bagja Minta Bawaslu Gandeng Masyarakat Tetap Fokus dan Inovasi

Dia meminta Bawaslu di daerah benar-benar memantau apakah calon tersebut layak dan memenuhi syarat sebagai calon perseorangan pada Pilkada 2024.

“Kalau tidak bisa atau ilegal, jangan dipermudah. ​​Tolong jangan hancurkan kepercayaan dan harapan masyarakat untuk mendapatkan pemilih yang jujur ​​dan tidak melanggar hukum.”

BACA JUGA: Kalteng masuk kategori risiko rendah, Lolly Sukhenti: Pengawasan Bawaslu tidak boleh kendor

Totok melanjutkan, Bavaslu juga harus memantau secara cermat peserta parpol di daerah.

Dia meminta Bawaslu di daerah memastikan seluruh calon memenuhi syarat pencalonan dan pencalonan sesuai aturan yang ada.

“Kami ingin memastikan dari usia pailit semua ijazahnya memenuhi syarat calon dan kenaikan pangkat menjadi calon utama daerah, misalnya umur, pendidikan tinggi, dan lain-lain, semua itu harus memenuhi kriteria regulasi. kriteria Jika ditemukan ketidaksesuaian, berikan saran untuk memperbaikinya,” jelasnya mencontohkan.

Dia mengingatkan mereka untuk tidak membiarkan nikmat ada dan orang-orang yang tidak layak lewat begitu saja.

“Karena kami mempunyai tanggung jawab dan kami diberi kewenangan hukum untuk mengontrol proses ini,” kata Totok.

Ia juga menyebutkan, tugas Bavaslu tidaklah mudah, yakni menegakkan keadilan, meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan memilih calon kepala daerah sesuai peraturan perundang-undangan.

“Kita punya tugas berat di depan, ayo kita bisa bersama-sama,” ucapnya (mrk/jpnn) Video terpopuler hari ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *