M Iqbal Alisyahbana jadi Pj Bupati OKU, Elen Setiadi Berpesan Begini

saranginews.com, PALEMBANG – Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel (Samsal) Alan Setiadi, Sh. M.S.E mengangkat Muhammad Iqbal Ali Shahbana sebagai S.STP. M.M menjadi Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) di Griya Agung pada Minggu (11/8) malam.

Mohammad Iqbal menggantikan susunan pemain pengganti OKU. 

Baca juga: Wakil Gubernur Sumsel Alan Setiadi menerima penghargaan Bipnas dari Badan Pangan Nasional

Pengangkatan Letnan Berwenang setelah Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 100.2.1. 3.-3305 Tahun 2024 tentang pemberhentian dan pengangkatan Direktur Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan. 

Selain pelantikan Direktur Ogan Komering Ulu, pekerjaan dilanjutkan dengan pelantikan Plt Ketua Tim Penggerak PKK Ogan Komering Ulu Veena Aprilia Iqbal SH. M.Si oleh Ketua Tim Kebangkitan PKK Provinsi Sumsel Melza Alan Setiadi. 

Baca Juga: Melza Ellen Setiadi Dilantik Ketua PKKTP Sumsel, Berita Tri-Tatu Carnawin

Pj Gubernur Sumsel Alan Setiadi mengatakan, Pj OKU yang baru bertujuan untuk memberikan yang terbaik dan mengefektifkan serta memenuhi seluruh tugas yang diberikan kepadanya dalam waktu singkat. 

Ia juga mengatakan, dalam beberapa hari ke depan akan ada beberapa kegiatan yang perlu mendapat perhatian khusus.

Baca juga: Pj Gubernur Sumsel Alan Setiadi menghadiri upacara peringatan Harganas ke-31 di Semarang.

Salah satunya akan fokus pada pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah.

“Tidak hanya persiapannya saja yang perlu diperhatikan, tetapi pada hari pelaksanaannya masyarakat juga harus menilai apakah ada sesuatu yang menghambat perkembangan pesta demokrasi,” ujarnya. 

Dalam situasi seperti ini, diperlukan kerja sama dengan banyak pihak untuk menjalin hubungan baik antara lembaga dan masyarakat. 

Sesuai perintah pemerintah yang dikeluarkan sebelumnya, seluruh ASN harus menjaga netralitas dan juga dilarang ikut serta dalam tim pemenangan atau melakukan lobi terhadap pasangan calon mana pun, apalagi meminta masyarakat untuk tidak memilih yang lain. Sepasang pelamar 

Begitu pula TNI/POLRI dilarang ikut berpolitik dan harus fokus menjaga stabilitas politik.

Sebab, permasalahan politik yang serius dapat menjadikan media sosial sebagai alat propaganda hitam. 

Menurut Allen, semua pihak sangat berharap Partai Demokrat tahun ini bisa terselenggara dengan baik, damai dan sukses hingga terpilihnya ketua tetap daerah.

Oleh karena itu, diperlukan dukungan semua pihak agar pilkada yang digelar tahun ini dapat menjaga prinsip kejujuran, kebersihan, transparansi, dan keadilan.

Untuk itu, mari kita bersama-sama memastikan Sumsel tetap bebas perang, dan memastikan tidak ada tindakan yang berujung pada konflik. 

Allan mengimbau seluruh lapisan masyarakat, khususnya yang tinggal di Kabupaten Ogun Komerang Olu, untuk saling mendukung membangun masyarakat yang sejahtera dan berketahanan seperti yang dicita-citakannya selama ini. 

Allan juga mengucapkan selamat kepada Letnan Gubernur yang baru dilantik atas tanggung jawab dan pelaksanaan wewenang dan tanggung jawab besar tersebut. 

Ia meyakinkan untuk “fokus pada isu-isu utama yaitu pengendalian inflasi, penurunan tingkat kerentanan, pemberantasan kemiskinan ekstrem, pengendalian kejahatan dan sekaligus persiapan pelaksanaan perlawanan terhadap pilkada”. Allen juga mengenang, belum lama ini terjadi banjir di wilayah Ogan Komering Ulu yang berdampak pada pulau tersebut.

Hal ini menjadi contoh bagi semua pihak untuk waspada dalam menjaga lingkungan dan berharap kejadian serupa tidak terulang kembali. 

Ia mengapresiasi Mantan Awam OKU, Teddy Meilwansyah, S.STP., M.M, M.Pd yang menjabat sebagai Ketua Ogun Komerang Olu atas segala kiprah dan upayanya untuk pembangunan dan kesejahteraan. Kabupaten OKU. Sehingga kita bisa mendengar segala manfaat yang telah dilakukan selama ini. 

“Saya sangat bersyukur atas segala prestasi yang telah diraih daerah Ogan Komering Ulu tercinta,” jelasnya. 

Sementara itu, Anggota DPRD OKU yang baru, M. Iqbal Alishahbana, menyatakan akan terus melakukan pembicaraan dengan Forkopimda di wilayah OKU.

Ia memastikan akan fokus pada pelaksanaan program-program utama yang menjadi perhatian Wagub, seperti pengendalian inflasi, pengentasan kemiskinan, pemberantasan penyakit, dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan serta pemilukada. 

“Tentu saja karena sedang puncak musim kemarau, kami berupaya menghindari terjadinya karhutla di OKU,” tutupnya. 

Kali ini hadir Ketua DPRD Provinsi Sumsel Hj. R.A. Anita Noaringhati, Pangdam II Sriwijaya yang diwakili Staf Ahli Panglima Ideologi Kolonel. Yusik Samua, Kapolda Sumsel yang diwakili oleh Direktur Intelkam Polda Sumsel, Kompol Hadi Vino, Kajati Polda Sumsel adalah Asisten Pembangunan Kejati Sumsel Asmadi SHMH, Ketua Umum Polda Sumsel. Pengadilan Tinggi Agama Palembang Dr. H. Mohamed Sutomo, pejabat Forkopemda lainnya dan Letnan Komandan/Jenderal hadir. (jpnn)

Baca artikel lainnya… Wimbledon 2024: Barbora Krijkova mengalahkan Elina Rybakina untuk mencapai final.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *