8-22 Juta Penduduk Indonesia Membawa Genetik Talasemia, Cordlife Ajak Lakukan Skrining

saranginews.com, Jakarta – PT Cordlife Persada mengajak masyarakat mewaspadai penyakit thalassemia dan melakukan tes. Hal ini akan mengetahui apakah orang tersebut memiliki sifat genetik thalassemia atau tidak.

Dokter Umum dan Manajer Proyek Laboratorium Medis Cordlife Persada Mariana Vertin mengatakan Thalassemia merupakan kelainan darah bawaan yang membuat tubuh tidak dapat memproduksi hemoglobin dengan baik. Hemoglobin bertugas membawa oksigen sehingga dapat dibawa ke seluruh tubuh oleh sel darah merah. 

Baca Juga: Dinkes Ungkap 125 Anak Ikuti Prosedur Cuci Darah di Jabar 

Anemia merupakan gejala utama pasien thalassemia ketika kadar hemoglobin dalam tubuhnya lebih rendah dari normal. 

“Pasien thalassemia berat memerlukan transfusi darah secara teratur untuk menjaga kadar hemoglobinnya dalam batas normal,” kata Dr. Mariana Vertin, Senin (12/8). 

Baca Juga: Konsumsi 6 Makanan Ini Untuk Meningkatkan Sirkulasi Tubuh Anda

Ia menambahkan, thalassemia merupakan suatu kondisi keturunan ketika kedua orang tuanya membawa gen thalassemia. Seringkali kedua orang tua yang membawa gen tersebut menderita thalassemia dan baru setelah lahir anak tersebut didiagnosis menderita kelainan genetik thalassemia. 

Tentunya dengan memeriksa riwayat keluarga penderita anemia atau talasemia, penyakit tersebut dapat dideteksi sejak dini dan diobati dengan cepat. 

Baca juga: 8 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Karena Darah Tinggi!

Saat Seth sakit, Dr. Mariana, pasien talasemia mengalami kelainan tulang; Limpa yang membesar dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan dan masalah jantung.

Hal ini secara signifikan akan menurunkan kualitas hidup anak. Oleh karena itu, penting untuk mewaspadai penyakit thalassemia.

Apalagi, Indonesia merupakan negara yang masuk dalam sabuk thalassemia, sebutan untuk negara yang memiliki banyak pembawa gen thalassemia. 

Di sinilah pentingnya tes untuk mengetahui apakah seseorang merupakan pembawa genetik thalassemia. 

“Idealnya setiap orang harus menjalani tes sebelum memutuskan menikah dan mempunyai anak. Di Indonesia, sangat ideal bagi setiap orang untuk mengetahui status thalassemianya,” kata Dr. Mariana Vertin yang akrab disapa Dr.

Di antara banyak layanan laboratorium klinis patologi klinis; Kehadiran Laboratorium Medis Patologi Klinik PT Cordlife Persada tentunya akan menambah pilihan laboratorium untuk menjangkau lebih banyak masyarakat di masa depan.

“Laboratorium kami dilengkapi dengan peralatan laboratorium dan staf analitis berkualitas tinggi. Paket skrining Thalassemia adalah salah satu layanan terbaik yang kami berikan di laboratorium ini,” kata Farid Sastra Nagara, Manajer, Laboratorium Cordlife.

Fareed mengatakan, karena paket yang diberikan sudah termasuk tes analisis Hb dan pemeriksaan darah tepi, maka tes thalassemia bisa dilakukan dalam satu kali tes lengkap. 

Salah satu bentuk komitmen Cordlife adalah dengan memperkenalkan Laboratorium Patologi Klinik PT Cordlife Persada, khususnya pelayanan unggulannya yang mampu melakukan pemeriksaan skrining multipel thalassemia.

 Country Director PT Cordlife Persada Retno Suprihatin mengatakan, “Kami ingin memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia dengan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya skrining thalassemia kepada semua orang di Indonesia. (esy/jpnn) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *