7 Khasiat Rutin Minum Teh Tawar, Sahabat Terbaik Penderita Penyakit Ini

saranginews.com, Jakarta – Teh menjadi salah satu minuman favorit banyak orang. Ada banyak cara untuk menikmati minuman ini.

Dapat dikonsumsi dengan atau tanpa tambahan pemanis.

Baca juga: 5 Alasan Minum Teh Terlalu Banyak Bisa Mengganggu Tidur Anda

Memang benar teh tawar menjadi minuman alternatif di masyarakat dan kini bahkan menjadi minuman favorit masyarakat Indonesia.

Teh biasa atau teh tanpa gula sebenarnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, tidak hanya ekonomis.

Baca juga: 8 Khasiat Minum Air Daun Sirsak Secara Rutin, Membantu Mengobati Penyakit Ini.

Berikut uraiannya dilansir laman Genpi.co.1. meningkatkan metabolisme tubuh

Terdapat polifenol katekin, terutama yang terdapat pada teh hijau, sehingga minum teh secara teratur akan meningkatkan metabolisme tubuh dan bekerja secara maksimal.

Baca juga: 6 Manfaat Minum Teh Sereh Secara Rutin, Wanita Pasti Suka

Bahan ini dapat merangsang dan mempercepat pengeluaran energi dalam tubuh dengan memberikan efek pemanasan (termogenesis), menyebabkan oksidasi cepat pada lemak yang ada dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Alhasil, metabolisme tubuh pun meningkat. 2. Pengendalian gula darah

Ada mangan (Mn), yang membantu memecah karbohidrat dan mengubahnya menjadi energi.

Dari situlah kandungan mangan juga sangat bermanfaat dalam menjaga kadar gula darah pada posisi normal.

Seperti kita ketahui, kadar gula yang berlebihan dalam darah dapat memicu berbagai penyakit mulai dari diabetes, gangguan jantung dan masih banyak lagi. menjaga kesehatan gigi

Air mengandung flavonoid yang meningkatkan asam email gigi dan memiliki sifat antibakteri.

Hal ini pula yang menjadi alasan mengapa konsumsi sangat efektif dalam mengurangi bau mulut.

Iklan dan kemasan pasta gigi sering kali menampilkan zat yang disebut fluorida, yang memiliki efek meningkatkan kesehatan gigi.

Zat tersebut juga terdapat pada teh sehingga mengonsumsi minuman ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi. mengurangi stres

Konsumsi teh secara teratur juga terbukti menurunkan hormon kortisol penyebab stres.

Namun, hal ini bisa terjadi jika Anda minum teh minimal 3 cangkir setiap hari dan mengonsumsinya secara rutin selama minimal 6 minggu.

Jumlah tersebut dapat menurunkan kortisol sebesar 20 persen, sehingga memungkinkan mereka yang minum teh terhindar dari stres dan menghadapi berbagai masalah dengan pandangan hidup yang lebih optimis. menurunkan berat badan

Banyak orang telah membuktikan bahwa mengonsumsi 3-4 cangkir teh biasa per hari dapat menurunkan berat badan secara signifikan.

Hal ini terkait dengan fakta bahwa teh hitam tidak memiliki kalori kecuali jika dicampur dengan bahan lain seperti gula, krim, atau susu.

Cara ini tentunya menjadi solusi yang sangat efektif dibandingkan mencoba alternatif lain yang tidak wajar, mahal, dan mungkin berbahaya.

Meski begitu, jika Anda memang sedang menjalani program penurunan berat badan, ada baiknya mengonsumsi teh hijau dibandingkan jenis teh lainnya.

Pasalnya, teh hijau terbukti bermanfaat dan diyakini mampu menunda rasa lapar.

Selain itu, berhati-hatilah untuk tidak mencampurkan bahan-bahan seperti gula atau krim ke dalam teh Anda. Campuran ini dapat mengurangi atau meniadakan manfaat teh. 6. Membantu mencegah dan mengobati penyakit kanker

Polifenol dan antioksidan yang terdapat pada teh sangat bermanfaat dalam mencegah dan mengobati kanker dan tumor.

Oleh karena itu, konsumsi teh biasa secara rutin sangat bermanfaat, terutama untuk tujuan pencegahan. 7. Menjaga kesehatan tulang

Karena terdapat asam amino juga sangat efektif dalam menjaga kesehatan tulang.

Kandungan tersebut dapat membantu dalam pembentukan protein dalam tubuh yang nantinya sangat berfungsi dalam membentuk dan menjaga kesehatan tulang, rambut, kulit, dan otot (genpi/jpnn).

Baca artikel lainnya… 9 manfaat ubi jalar, cegah serangan penyakit ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *