Ratusan Pelamar CPNS Gagal Seleksi Administrasi, Ya Sudahlah, Belum Rezeki

saranginews.com – TELUK WONDAMA – Pemerintah belum mengumumkan jadwal pendaftaran CPNS 2024 dan PPPK 2024.

Namun proses seleksi pembentukan CPNS tahun 2021 saat ini sedang berlangsung di beberapa negara bagian di wilayah Papua.

Baca Juga: Kunci sukses lolos CPNS dan PPPK 2024, Bukan Hanya Pendidikan Saja

Penyelenggaraan Pilkada CPNS Bumi Centrwasya 2021 sempat tertunda dan baru bisa dilaksanakan tahun ini.

Khusus di Pemerintah Kabupaten Telok Windama, Papua Barat, terdapat 1.609 pelamar CPNS Formasi 2021.

Baca Juga: Jelang Pendaftaran PPPK 2024, BKN punya informasi penting soal verifikasi data lengkap

Badan Pembinaan Kesejahteraan Sosial dan Kesejahteraan Rakyat (BKPSDM) Data Tilakwandama mengungkapkan, ada ratusan pelamar yang tidak memenangkan pemilu administrasi dan 1.468 yang berhak mengikuti pemilu tahap berikutnya.

Oleh karena itu, sebanyak 1.468 pelamar CPNS formasi 2021 saat ini sedang menjalani ujian Seleksi Keterampilan Dasar (SKD) dan Seleksi Keterampilan Lapangan (SKB) di Kabupaten Telangana Papua Barat.

Baca Juga: Pengumuman Kelulusan PPPK, Potong Besaran Bupati dan Pengurus Daerah

Sekretaris Daerah Kabupaten Tilakwandama (SECDA) Asir Waroi di Vissar, Jumat, mengatakan, sebanyak 1.468 pelamar CPNS yang lolos seleksi kepengurusan memperebutkan 236 formulir yang tersedia.

“Mereka melakukan pemeriksaan dengan sistem CAT (Computer Assisted Test) pada 8-14 Agustus 2024 di Wasior,” ujarnya di Wasior, Jumat (9/8).

Dengan dilaksanakannya seleksi menggunakan sistem CAT online, maka kecurangan dan praktik kotor dalam penerimaan CPNS berkurang.

Jadi, lanjutnya, keputusan kelulusan tergantung pelamar.

Ia menegaskan, Pemerintah Daerah (Pemda), termasuk Bupati dan Wakil Bupati, tidak bisa ikut campur dalam pengambilan keputusan lulusan CPNS.

“Tidak ada koleksinya. Murni. Yang bagus dilewati, yang tidak bagus bagus. Jadi saya harap semua menerima, kalau tidak lolos berarti tidak, sial.”

Dalam sistem CAT, hasil tes tidak bisa ditindaklanjuti, tambah Kepala BKPSDM Kabupaten Tilak Vandama Yujung.

Apalagi poin yang diperoleh setiap peserta bisa langsung diketahui setelah mengikuti seleksi dan bisa dipantau oleh siapa saja.

“Saat hasilnya diumumkan, semua nilai peserta akan disajikan dari yang tertinggi hingga terendah dalam format apa pun yang ada saat ini, hal ini untuk menghindari keraguan, untuk menghindari kepentingan lain.ee,” ujarnya.

Ujang mengatakan, proses seleksi CPNS menggunakan sistem CAT dikelola langsung oleh tim dari Kanwil BKN XIV Manukwari. Mereka hanya mendukung dan menyediakan fasilitas yang diperlukan.

Karena keterbatasan fasilitas komputer yang tersedia, seleksi CAT akan berlangsung selama lima hari. (Antara/JPNN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *