LKPI: Responden Tidak Puas Kinerja Petahana Kota Bekasi Lebih Memilih Kemal Hendrayadi

saranginews.com, KOTA BEKASI – Direktur Eksekutif Lembaga Penelitian Pemilu (LKPI) Togu Lubis mengatakan, berdasarkan hasil survei penerimaan dan kemampuan, Brigjen TNI Kemal Hendrajadi menduduki peringkat pertama calon Wali Kota Bekasi.

Kemal diterima dan dinilai mampu menjadi Wali Kota Bekasi oleh 70,3 persen responden, disusul Tri Adhianta 54,8 persen, Heri Koswara 48,6 persen, Mokhtar Mohammad 41,6 persen, dan nama-nama lain di bawah 40 persen.

BACA JUGA: Jajak Pendapat: Politisi Senior Berpeluang Menang Pilkada Kota Bekasi

“Tujuan survei Kota Bekasi adalah untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap calon pemimpin pada Pemilu 2024, yaitu untuk menangkap karakteristik pemilih, kriteria karakter, dan tingkat elektabilitas calon walikota. Bekasi,” kata Togu dalam keterangannya, Minggu (11/8).

Sedangkan jika pemungutan suara di Kota Bekasi digelar hari ini, jumlah pemilih Brigjen TNI Kemal Hendrajadi menurut responden berjumlah 21,4 persen.

BACA JUGA: Terinspirasi Tri Sakti Bung Karno, M2 Siap Kontestasi Pilkada di Bekasi

Disusul Tri Adhianta 20,9 persen, Heri Koswara 11,3 persen, Kusnanta Saidi 10,8 persen, Mokhtar Mohammad 6,1 persen, Ade Puspitasari 5,3 persen, Sigit Purnama 3,6 persen, Abdul Rozak 2,3 persen, dan beberapa nama lainnya. dipilih kurang dari dua persen dan 9,7 persen tidak terpilih,” kata Togu.

LKPI kemudian mempersempit responden dan menguji elektabilitas calon Wali Kota Bekasi dengan melakukan simulasi terhadap 3 nama calon Wali Kota Bekasi, yakni tingkat elektabilitas Brigjen TNI Kemal Hendrajadi 34,8 persen, disusul Tri Adhianta 33,1 persen, Heri Koswara – 16,2 persen, dan 15 , 9 persen. persen responden tidak memilih.

BACA JUGA: PAN Usung Ungu Pasha untuk Mempromosikan Pilkada Bekasi

Menghadapi Tri Adhianto, Brigjen Kemal Hendrajadi masih memiliki keunggulan elektabilitas dengan 46,7 persen terpilih, 43,6 persen petahana, dan 9,7 persen responden tidak memilih.

LKPI juga menggelar simulasi terhadap tiga pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Bekasi. Hasilnya, pasangan calon Kemal Hendrajadi-Sugiharta terpilih 32,1 persen, kemudian Tri Adhianta-Nofel Saleh Hilabi terpilih 29,6 persen, Heri Koswara. – 21 persen memilih Shaligin, 16,6 persen tidak tahu/tidak menjawab.

LKPI juga melakukan survei kepuasan masyarakat terhadap kerja pemerintah Kota Bekasi yang dipimpin Wali Kota Rahmat Effendi dan wakilnya Tri Adhianta.

Survei menunjukkan 58,8 persen warga Bekasi tidak puas, sedangkan 41,2 persen menyatakan puas dengan hasil kerja Rahmat Effendi dan perwakilannya Tri Adhiant.

Survei ini dilakukan LKPI untuk kedua kalinya untuk Kota Bekasi hingga Mei 2024 dengan mengumpulkan pandangan masyarakat Kota Bekasi terhadap kontestasi pemilihan Kepala Daerah Kota Bekasi yang akan dilaksanakan pada November 2024.

Survei dilakukan pada 1-8 Agustus 2024 terhadap sampel 1.800 responden pemilik hak pilih di Kota Bekasi.

Metode survei dilakukan secara acak dengan margin of error 2,31 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (mcr10/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *