Dirjen IKP: Ibu Kota Nusantara Warisan untuk Indonesia Maju

saranginews.com, Makassar – Pembangunan Ibu Kota Negara Republik Indonesia (IKN) merupakan salah satu landasan yang diletakkan Presiden Joko Widodo untuk Indonesia yang lebih besar.

Hal ini sejalan dengan tema peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia yang ke-79 yaitu Kepulauan Baru, Indonesia Maju.

Baca Juga: Soal Jadwal Serah Terima ASN ke IKN, Raja Juli sempat sampaikan

Hal ini diselenggarakan oleh Direktur Jenderal Informasi dan Kemasyarakatan (Dirgen IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika Osman Kansong pada acara Komunitas Informasi Komunitas (KIM) Fest 2024 di Kawasan Pantai Losari, Makassar.

“IKN akan membawa Indonesia menuju kemajuan. Kita patut berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang menjadi tumpuan kemajuan Indonesia,” kata Direktur Jenderal Osman Kansong dalam keterangannya, Minggu (11/8).

Baca Juga: Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Eri Sebut Gedung Istana Garuda merupakan kebanggaan nasional IKN.

Dirjen Osman mengatakan salah satu alasan pemindahan ibu kota negara adalah karena sentralnya pembangunan Indonesia di Pulau Jawa yang menyebabkan kesehatan tidak merata.

Oleh karena itu, pengembangan IKN merupakan langkah yang dipilih untuk menyeimbangkan pembangunan dan perekonomian Indonesia.

Baca Juga: Aman: Masyarakat Adat di Kaltim Terancam Punah Akibat Proyek IKN

Ia menyebutkan, ada empat rencana pemindahan ibu kota kepulauan Indonesia.

Pertama, menciptakan pusat pertumbuhan ekonomi baru.

Kedua, membangun kota cerdas melalui penggunaan konsep kota hutan cerdas yang berkelanjutan dan inklusif.

Ketiga, menciptakan budaya kerja dan birokrasi yang lebih efektif.

Terakhir, Istana Negara nusantara dan Istana Garuda yang dibangun 100 persen oleh orang Indonesia, merupakan simbol kebanggaan Indonesia.

Septriana Tangkari, Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kementerian Komunikasi dan Informatika, menambahkan IKN akan dibangun sebagai Smart Forest City, smart city yang ramah lingkungan.

“IKN akan menghadirkan berbagai elemen perkotaan yang menjamin kualitas hidup masyarakat yang baik, seperti air dan udara bersih, ketertiban kota, amenitas yang baik, serta kondisi perkotaan yang aman dan nyaman,” jelas Septariana. Pernahkah Anda melihat video terbaru di bawah ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *