Polytron Superliga Junior 2024: Ratusan Atlet dari 8 Negara Perebutkan Total Hadiah Rp 1 Miliar

saranginews.com, MAGELANG – Pertarungan sengit para pebulutangkis muda akan terlihat pada turnamen Polytron Superliga Junior 2024 di GOR Djarum Magelang, Jawa Tengah.

Di bawah nama Polytron Superliga Junior 2024, 290 pebulutangkis muda U-17 dan U-19 dari delapan negara akan menampilkan performa terbaiknya pada Senin (12 Agustus) hingga Minggu (18 Agustus).

BACA JUGA: Tim Bulu Tangkis Indonesia Curi Rp 930 Juta di Paris

Selain Indonesia, pemainnya juga berasal dari Malaysia, Singapura, Thailand, China Taipei, Hong Kong, China, Republik Rakyat China, dan Selandia Baru.

Empat piala bergengsi yang diperebutkan yakni Piala Liem Swie King (U-19 Putra), Piala Susy Susanty (U-19 Putri), Piala Hariyanto Arbi (U-17 Putra), Piala Yuni Kartika (U-17). Wanita).

BACA JUGA: Jadwal Olimpiade Bulu Tangkis Paris 2024: Kapan Fajar/Rian dan Jorji Main?

Tak hanya memperebutkan trofi yang diberi nama legenda bulu tangkis Tanah Air, para pebulu tangkis muda juga memperebutkan total hadiah melebihi Rp 1 miliar. 

Direktur Komersial Polytron, Tekno Wibowo mengatakan, Polytron Superliga Junior 2024 akan menjadi ajang bagi para pemain muda untuk unjuk kebolehan dan meningkatkan daya saing dengan bersaing melawan pemain asing.

BACA JUGA: Baby Boom Bulu Tangkis: PBSI Sumedang X Masoem Cup 2024 Digelar

Selain itu, ia juga berharap Polytron Superliga Junior 2024 dapat menjadi ajang silaturahmi antar pemain muda pesaing.

“Polytron merasa terhormat untuk tetap menjadi sponsor utama di Junior Superliga 2024. Dukungan kami merupakan bagian dari komitmen Polytron terhadap perkembangan dunia olahraga tanah air, khususnya bagi para pebulutangkis junior Indonesia.”

“Saya berharap kejuaraan ini dapat menjadi kesempatan baik bagi para pebulutangkis muda berbakat untuk menunjukkan bakatnya dan berkompetisi dengan cabang olahraga terbaik, dengan semangat patriotisme dan mengedepankan semangat persahabatan,” ujarnya.

Oleh karena itu, Direktur Superliga Achmad Budiharto mengatakan, ajang Superliga Junior yang berbentuk kompetisi beregu diharapkan dapat membiasakan para pemain dalam mengejar gelar juara sebagai komponen yang mengedepankan persatuan, kesatuan dan kekuatan. dalam lebih banyak. acara populer seperti Piala Thomas dan Uber.

Untuk itu, pihaknya mendapat peningkatan jumlah peserta dari luar negeri yang akan membuat perebutan podium teratas semakin intens dan kompetitif.

“Polytron Superliga Junior merupakan pertandingan yang penting untuk mengembangkan skill para pemain muda karena menggunakan struktur tim sehingga pemain tidak hanya mengandalkan kemampuan individunya saja, namun mengembangkan karakter kerjasama dan kerja sama sebagai tim untuk meraih kemenangan. nama. “Saya berharap persaingan ini ketat karena juga ada persaingan dari pemain luar negeri yang sangat kuat dalam bulu tangkis seperti China, Malaysia, dan Thailand,” kata Budiharto.

Pada kategori U-19, klub PB Djarum Kudus, Jiang Xi China, Taipower China Taipei, PB Power Rajawali, Banthongyord Badminton School Thailand, Badminton North Harbour New Zealand, Hong Kong China Team, Cheng Yuan akan bersaing memperebutkan pemain terbaiknya. SMA China Taipei, PB Mutiara Kardinal Bandung, Olahraga Malaysia dan PB Kemenangan.

Sedangkan pada kategori U-17, ada delapan tim yang akan bertanding keterampilannya, yakni PB Djarum Kudus, PB Jaya Raya, Persatuan Bulu Tangkis Singapura, Akademi Bulutangkis Gideon, PB Power Rajawali, PB Mutiara Cardinal Bandung, Sports Affairs Malaysia. dan Juara United. 

Sebagai juara bertahan pada ajang Polytron Superliga Junior edisi sebelumnya, tahun ini PB Djarum mengeluarkan potensi maksimalnya dengan menurunkan tujuh tim dalam empat grup.

Di nomor U-17 putri, klub asal Kudus, Jawa Tengah itu mengirimkan dua tim untuk merebut trofi. Begitu pula pada kategori U-17 Putra dan U-19 Putri. Sementara di level putra U-19, PB Djarum menurunkan tim yang diperkuat sejumlah pebulu tangkis muda seperti Moh. Zaki Ubaidillah, Richie Duta Richardo, Hendry Leander dan Pulung Ramadhan. Jumlah pemain PB Djarum yang akan bertanding pada kompetisi ini sebanyak 70 orang.

Manajer tim PB Djarum Fung Permadi mengatakan banyaknya pemain yang diturunkan untuk Polytron Superliga Junior 2024 tak lepas dari keinginan PB Djarum untuk mengulangi kesuksesan tahun lalu dan merebut kembali juara bertahan. Selain itu, ia ingin menjadikan turnamen tersebut sebagai wadah untuk meningkatkan kemampuan para pemain profesional, mengingat banyaknya pemain dari luar negeri.

“Tujuan tim jelas, untuk mempertahankan kesuksesan. Selain itu, kami juga memandang bahwa Polytron Superliga Junior tidak boleh dilewatkan karena kita bisa bersaing dengan rival-rival kita dari luar negeri yang mempunyai kualitas yang baik, antara lain mampu meningkatkan jiwa dan kepercayaan diri para pemainnya serta memastikan bulu tangkis berumur panjang. jalan. tingkat internasional. “Jadi setelah pertandingan ini para pemain PB Djarum akan mengambil pelajaran penting yang dapat meningkatkan kemampuannya di masa depan,” kata Fung.

Menanggapi gol klub tersebut, salah satu pemain PB Djarum U-19, Richie Duta Richardo mengaku siap mengerahkan seluruh kemampuannya untuk mengulang kesuksesan tahun lalu dan kembali naik podium. Jika menilik pada pertandingan sebelumnya, Richie yang saat itu memperkuat tim putra PB Djarum U-17 berhasil menjadi juara bersama rekan-rekannya setelah berhasil mengalahkan serangan PB Jay Ray dengan skor 3-0.

“Tahun ini masalahnya besar karena kita beralih ke U-19. Kini dari sisi lawan semakin berbeda karena ada tujuh tim dari luar negeri yang kemampuan dan skillnya bisa berbeda-beda. “Jadi saya dan tim sudah berlatih lama untuk menunjukkan kemampuan dan mengembalikan kepercayaan yang diberikan tim kepada kami,” kata Richie penuh harap.

Polytron Superliga Junior 2024 menawarkan total hadiah lebih dari Rp 1 miliar. Pada divisi U-19 yang mempertandingkan Liem Swie King Cup dan Susy Susanti Cup, masing-masing divisi akan mendapatkan hadiah sebesar Rp150 juta untuk juara pertama, Rp75 juta untuk juara kedua, dan Rp40 juta untuk juara ketiga. Sedangkan pemain U-17 yang berlaga di Piala Arbi Hariyanto dan Piala Yuni Kartika akan mendapatkan hadiah juara I Rp 100 juta, Juara II Rp 50 juta, dan Juara III Rp 25 juta untuk masing-masing divisi.

Laga pertama Polytron Superliga Junior 2024 digelar Senin (12/8) mempertemukan PB Djarum A melawan PB Power Rajawali di Divisi Wanita U-17. Sedangkan pada pertandingan U-19, PB Djarum akan menghadapi Jiang Xi dari China.

Bagi Anda pecinta bulu tangkis, saksikan dan dukung langsung para pemain muda yang bertanding di GOR Djarum Magelang yang digelar mulai Senin (12/08) hingga Minggu (18/08). Polytron Superliga Junior 2024 terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya. Selain itu, pertandingan juga dapat disaksikan melalui live streaming di YouTube PB Djarum (et al/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *