Menkominfo Budi Arie Tegaskan Gedung Istana Garuda IKN Kebanggaan Nasional

saranginews.com – JAKARTA – Istana Garuda di ibu kota nusantara (IKN) menjadi kebanggaan tersendiri bagi Indonesia, kata Budi Ari Setiadi, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

Budi menanggapi warganet yang menganggap sayap Istana Garuda berwarna coklat tua dan hitam lebih mirip kelelawar dibandingkan burung Garuda.

Baca Juga: Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Ari Sebut Tidak Ada Biaya di Masa Depan

Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika Budi, Jakarta, Jumat (9/8).

Dijelaskannya, proyek yang diberi nama Istana Garuda ini merupakan bagian dari Istana Kepresidenan Nusantara yang dibangun di atas lahan seluas 55,7 hektare dan memiliki luas tapak 334.200 meter persegi. 

Baca Juga: PP 28 Tahun 2024 tentang Produk Anti Virus untuk Pelajar, Ini Jawaban Budi

Menurut Budi, Garuda menjadi pencipta burung tersebut karena keterkaitannya dengan berbagai budaya di Indonesia. 

“Negeri kita sangat beragam dengan segala perbedaan, segala ideologi, segala adat istiadat dan tradisi serta perbedaan agama dan kepercayaan. Garuda adalah lambang persatuan, apalagi Garuda adalah bagian dari lambang negara, kesatuan dalam keberagaman,” jelasnya.

BACA JUGA: Pengangguran Tinggi di Jakarta, Kata Heru Budi

Istana Garuda konon dibangun sebagai rumah yang berhubungan dengan burung Budi Garuda. 

Ia juga memaparkan keselarasan seni, ilmu pengetahuan, dan teknologi yang dikembangkan anak negeri, tak hanya Istana Garuda sebagai pusat kawasan. 

“Bahkan sebuah bangunan besar di banyak negara merupakan kombinasi dari ketiga elemen tersebut,” ujarnya.

Ia menjelaskan, Rumah Presiden yang ada saat ini merupakan warisan pemerintah kolonial. 

Sedangkan kompleks istana kepresidenan IKN dirancang dan dibangun oleh anak negara.

“Pembangunan Istana Garuda ini merupakan hasil karya anak negeri sesuai budaya Indonesia. Itu lambang negara Indonesia, itu burung Garuda,” ujarnya.

Perancangan Istana Garuda dengan gaya arsitektur dengan unsur estetika, kepraktisan dan manfaat direkomendasikan untuk pengembangan pariwisata Indonesia.

Budi menjelaskan, Istana Garuda yang dibangun sebagai sebuah mahakarya dengan menggunakan teknologi yang dipatenkan, merupakan kediaman presiden pertama di dunia.

“Istana Kepresidenan IKN merupakan simbol dan kebanggaan bagi kita sebagai warga negara. Ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat global dan bermanfaat bagi promosi pariwisata,” kata Budi Ari. (mcr8/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *