Dukung Industri Ikan Hias, KAI Logistik Fasilitasi UMKM Binaan KKP

saranginews.com, JAKARTA – KAI Logistik, anak perusahaan KAI, berkomitmen mendukung sektor industri ikan hias dengan mendukung usaha kecil, kecil, dan menengah (UMKM) ikan hias.

Hibah tersebut salah satunya adalah kerjasama khusus dengan organisasi perdagangan ikan hias yang dikelola Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Blitar, dimana mereka telah menandatangani kerjasama multisektor perdagangan ikan hias di Blitar, 19 Juli 31. 2024.

BACA JUGA: KAI Logistics dapat sertifikasi halal dari BJPPH

Penandatanganan ini merupakan kelanjutan dari perjanjian kerja sama yang telah dilakukan sebelumnya oleh Direktorat Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) dan Logistik KAI pada tahun 2022, dengan tujuan untuk memfasilitasi pengangkutan dan distribusi produk kelautan dan perikanan. .

“KAI Logistics menyadari bahwa dalam industri komersial baik ikan segar, pengolahan maupun ikan hias, sektor distribusi logistik memegang peranan penting dalam mendukung pertumbuhan usaha. Pelaku usaha memerlukan keamanan distribusi yang tepat waktu untuk dapat menjaga kualitas. .

BACA JUGA: Implementasi ESG yang berkelanjutan, ANTAM raih 12 penghargaan ENSIA pada tahun 2024.

Pengangkutan ikan hias memerlukan penanganan khusus untuk menghindari resiko kematian ikan hias selama pengangkutan.

KAI Logistics menerapkan prosedur yang ketat, baik pada saat bongkar muat maupun pada saat pengangkutan untuk menjaga kondisi ikan hias, seperti pengolahan atau pengangkutan, untuk memastikan ikan hias terlindungi dari paparan sinar matahari langsung.

BACA JUGA: Rayakan HUT RI, KAI Luncurkan Tiket Promosi Panjat Pinang, Tersedia Diskon Hingga 50%

Selain kemudahan dalam memberikan jaminan yang benar, perusahaan juga memberikan insentif berupa harga promosi berupa diskon 30% untuk pengiriman ikan hias.

“Dengan adanya diskon ini, kami berharap dapat memudahkan UMKM dalam berbisnis, terutama dari segi biaya logistik,” kata Fredi.

Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Pemerintah Blitar menyambut baik dukungan yang diberikan KAI Logistics terhadap usaha ikan hias di Blitar.

Harapannya kerjasama ini dapat meningkatkan pasokan ikan hias dari Segitiga Emas (Kabupaten Blitar, Tulungagung dan Kediri) ke wilayah lain di Pulau Jawa.

Kegiatan ini juga merupakan salah satu program pemerintah, dimana kegiatan ini dapat membantu seluruh pelaku usaha dan kecil menengah untuk lebih tumbuh dan berkembang mengenai usahanya.

Berny Achmad Subki, CEO KKP Logistics, mengatakan implementasi kemitraan KKP dan KAI Logistika merupakan langkah strategis dalam pendistribusian produk ikan, termasuk ikan hias, dan diharapkan dapat meningkatkan efisiensi logistik dan merangsang pertumbuhan. usaha kecil dan menengah di sektor KP.

Berbagai langkah strategis tersebut tentunya dilakukan sesuai dengan semboyan ‘KAI Logistik Itu Mungkin’ yaitu KAI Logistik Segalanya Mungkin, dalam hal ini memberikan dukungan kepada para pelaku usaha UMKM untuk mengembangkan usahanya melalui peningkatan distribusi pasokan. .

Ke depan, KAI Logistik berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan terus mendukung pengembangan bisnis dan perekonomian UMKM Indonesia melalui kerja sama dengan berbagai pelaku usaha di lingkungan KKP dan sekitarnya. KKP mengambil peran dalam pergerakan roda perekonomian. perekonomian nasional,” kata Fredi.. (chi/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *