Bulaksumur Roundtable Forum Tawarkan Solusi Praktis dan Teknis

saranginews.com, YOGYAKARTA – Departemen Politik dan Pemerintahan Universitas Gadjah Mada (DPP UGM) melalui Collaborating Center for Sustainability Policy and Policy (CoPPS) menyelenggarakan Bulaksumur Round Table Forum (BRF) di Balai Senat UGM.

BRF merupakan bukti keseriusan DPP UGM dalam menjawab dilema pembangunan berkelanjutan dalam mengawal transformasi desentralisasi.

BACA JUGA: Melalui Penerapan ESG yang Konsisten, ANTAM Raih 12 Penghargaan ENSIA Tahun 2024

“Kita mungkin tidak selalu menyadari bahwa tidak semua hal baik bisa mendukung hal baik lainnya. Terkadang hal-hal baik bisa menjadi dilema bersama. Pendapat ini diperkuat dengan pernyataan Prof. Purwo Santoso: “Ide keberlanjutan terletak di antara berkah dan bencana,” kata Abdul Gaffar Karim, ketua Forum Meja Bundar Bulaksumur.

Dengan mengelompokkan daerah berdasarkan karakteristik tertentu, kebijakan yang diterapkan bisa lebih spesifik dan efektif.

BACA JUGA: Pupuk Indonesia Group bangga atas kontribusinya dalam pembinaan dan pengembangan atlet angkat besi

Selain itu, ada kebutuhan untuk meninjau kebijakan yang ada secara berkala untuk memastikan kebijakan tersebut konsisten dengan prinsip keberlanjutan.

“Kita bisa mencoba menggabungkan desentralisasi simetris dan asimetris.” “Berdasarkan kondisi potensial dan obyektif, daerah dikelompokkan dengan indikator tertentu dan kebijakan desentralisasi dilaksanakan berdasarkan tipologi daerah,” kata Prof. Haryanto, pakar politik lokal UGM.

BACA JUGA: Dalam rangka HUT Kemerdekaan RI, KAI bagi-bagi tiket promosi Panjat Pinang dengan diskon hingga 50%

“Bisa juga dalam bentuk kolaborasi untuk mendorong kerja sama daerah pusat berdasarkan rasa saling percaya,” tambah Haryanto.

Syarmadani, Direktur Jenderal Direktorat Jenderal Kebijakan dan Administrasi Umum Kementerian Dalam Negeri, mengatakan forum multi-partai akan membantu membuka dialog dan memberikan opsi untuk pengambilan keputusan. Sektor swasta dapat memberikan dukungan, ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi.

Forum Meja Bundar Bulaksumur kali ini menawarkan solusi praktis dan solusi teknis.

Solusi kebijakan harus mendorong pengelolaan dan kerja sama yang ramah lingkungan untuk mendorong kerja sama regional pusat dan pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat berdasarkan rasa saling percaya. Solusi teknis untuk memadukan kebijakan simetris dan asimetris dengan sebaran tipologi wilayah.

Bulaksumur Roundtable Forum merupakan program reguler yang fokus pada keberlanjutan dan menghadirkan forum diskusi tingkat tinggi dari berbagai sektor (chi/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *