Megawati Mengajak Generasi Beri Perhatian Lebih terhadap Seni di Indonesia

saranginews.com – Jakarta – Presiden kelima RI, Megawati Soekarnoputri, mengajak generasi muda untuk lebih memperhatikan seni di Indonesia di tengah modernisasi dan kemajuan teknologi yang terus berlanjut.

Hal itu disampaikan Megawati usai menyaksikan pameran seni rupa Dolorosa Sinaga di Gedung A Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (8/8).

Baca Juga: Megawati Hadiri Pameran Seni Rupa, Letakkan Bunga Penghormatan di Tugu Pembantaian

Sejak awal, putri aktivis kemerdekaan Indonesia, Soekarno atau Bang Karno ini bercerita tentang kekagumannya terhadap berbagai kesenian yang ada di Indonesia.

Megawati mengaku keluarganya berperan penting dalam menumbuhkan kecintaan terhadap seni dan budaya Tanah Air.

Baca Juga: Soroti Impor Beras, Megawati Singgung Konversi Lahan Subur Jadi Bangunan

“Kami berasal dari keluarga seniman, bapak dan ibu saya sangat mengapresiasi seniman dan tokoh budaya, bukan sekedar seni,” kata Ketua Umum PDI Peruangan.

Menurut Megawati, kecintaannya terhadap seni dan budaya merupakan salah satu cara menghargai gagasan dan konsep seniman. 

Baca Juga: InaRI Expo 2024 dan Peresmian Pameran IEMS, Megawati Tulis Pesan untuk Mahasiswa Bogor

Ketua Badan Pembinaan Ideologi Panchsila (BPIP) ini mengajak generasi muda untuk tidak melupakan keberagaman seni dan budaya Indonesia.

Jadi saudara-saudara, jangan terlalu bergairah dengan budaya dan seni. Modernitas boleh saja, tapi kalian lebih mengenal budaya sendiri, kata Megawati.

Dikatakannya, di tengah semakin berkembangnya teknologi, perlu adanya keseimbangan dalam hidup dengan mencintai seni dan budaya.

Makanya harus ada keseimbangan, saya sadar betul modernisasi kalau tidak ditangani dengan hati-hati bisa menjadi daya rusak yang besar,” kata Megawati.

Megawati diketahui mengunjungi pameran di Galeri Nasional bersama Sekjen PDI-P Hasto Christian.

Selain itu, Dolorosa dan pakar hukum Todung Mulya Lubis, serta aktivis pemuda PDI Perjuangan seperti Ario Seno Bagascoro, juga turut mendampingi Megawati melihat pameran seni tersebut. (ast/jpnn) Jangan lewatkan video Pilihan Editor ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *