Geruduk KPK, Massa Minta Dinasti Politik di Kaltim Ini Diproses Hukum

saranginews.com, JAKARTA – Sekelompok orang yang mewakili Front Pengaduan Kaltim menggelar aksi di depan gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jakarta pada Jumat (7/8).

Massa meminta KPK mengusut keluarga atau Bani Masud yang diduga terlibat korupsi luas di Kalimantan Timur (Koltim).

Baca Juga: Rooney PDIP Ragu PKC Akan Undang Babi, Kahiang, Lalu Singgung Bar Jokowi

Front Pengaduan Kaltim mendesak aparat penegak hukum khususnya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera mengambil tindakan dan menyelesaikan seluruh kasus hukum di Kaltim yang melibatkan marga Bani Masud yang diduga Jangan Ragu Korupsi, Koordinator Front Kaltim kata Radit kepada Empos dalam pidatonya.

Reddit menyoroti kekuatan dinasti politik dan maraknya kasus korupsi yang mendera sejumlah pejabat di Kalimantan Timur. Radit menilai tata kelola pemerintahan yang dikuasai sekelompok keluarga menghambat pembangunan Kalimantan Timur, padahal saat ini menjadi andalan ibu kota nusantara.

Baca juga: KPK Undang Ketua DPRD Sulut, Pejabat BNI dan BSI

Tanpa alasan, berdasarkan penelusuran Front Pengaduan Kaltim, ditemukan adanya marga keluarga yang memiliki jaringan politik sangat kuat di Kaltim namun memiliki riwayat dugaan tuntutan hukum, kata Radit.

Radit mencontohkan marga politik kakak beradik Masud, misalnya Rudi Masud yang merupakan anggota Partai NR Rusia dari daerah pemilihan dan merupakan calon gubernur Kalimantan Timur. Sedangkan kakak laki-lakinya Hasanuddin Masud menjabat sebagai Ketua DPRD Kalimantan Timur.

Baca juga: Penyidikan Kasus Korupsi, KPK Panggil Komisaris PT Asiatel Globalindo Tan Heng Lok

Sementara itu, kata Radit, dua saudaranya yang merupakan pimpinan daerah yakni Wali Kota Balik Papan Ahmad Masud dan Wakil Panjam Pasir Utara Abdul Ghafoor Masud ditangkap dan dinyatakan bersalah dalam OTT KPK. Ia diadili oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) karena banyaknya tuduhan yang dijeratnya dalam kasus korupsi, namun juga dalam kasus lain.

Lanjut Reddit: Hasanuddin Masood (HM) yang saat ini menjabat Ketua DPRD Kaltim diduga memberdayakan Bani Masood. Ia diduga melakukan kudeta terhadap H. Makmura HAPK yang merupakan mantan Ketua DPRD Kaltim yang kini berstatus kader Gerindra.

Oleh karena itu, Front Pengaduan Kalimantan Timur berpendapat bahwa gurita dinasti politik di Kalimantan Timur harus ditentang karena kasus hukumnya mengkhawatirkan dan sulit diselesaikan, serta diyakini akan menghambat pembangunan Kalimantan Timur secara keseluruhan. pungkas Radit. (tan/jpnn) Sudah lihat video terbaru di bawah ini?

Baca Artikel Lainnya… Jaksa Pencopot 10 Jaksa dari KPK, Harley: Tak Terkait Pengurusan Perkara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *