Trust Indonesia Ingatkan Potensi Peralihan Dukungan PKB di Pemilihan Wali Kota Banjarbaru Cukup Besar

saranginews.com, JAKARTA – Direktur riset dan pengamat politik Trust Indonesia Ahmad Fadhli mengingatkan, potensi perubahan dukungan PKB pada pemilihan Wali Kota Banjarbaru (Pilwali) cukup besar.

Fadhli meyakini PKB tetap siap mendukung siapapun yang menguntungkan partai pada Pilkada Kota Banjarbaru.

UPDATE: Amankan Pilkada Serentak 2024, Polda Banten Kerahkan 5 Ribu Orang

“Politik mempunyai kekuatan yang sangat besar. Dukungan terhadap PKB Kota Banjarbaru juga sangat terbuka dan cukup besar. “PKB tentunya akan memberikan dukungan politik kepada semua pihak yang memberikan manfaat,” kata Fadhli dalam keterangannya kepada media, Selasa (06/08).

Fadhli juga mengenang banyaknya pergeseran dukungan PKB yang terjadi pada musim Pilkada 2024. Misalnya saja pergeseran dukungan PKB yang terjadi pada Pilkada Kabupaten Sumbawa Barat baru-baru ini.

UPDATE: Soal Wakil Calon Kepala Daerah Jabar Dedi Mulyadi, KIM beralih ke Golkar

“Kita sudah punya contoh program PKB pada pilkada di Sumbawa Barat. PKB dan seluruh partai pada umumnya punya banyak alasan dan pertimbangan ketika memberikan dukungan politik kepada calon. tidak ada dukungan,” katanya.

Fadhli pun mengimbau presiden saat ini tidak bersikap sombong.

SAAT INI: DPP PKB dilaporkan ke Bareskrim, Lukman Edy: Kritik jangan ditanggapi dengan baik

Ia juga mengenang kejadian di mana banyak pejabat daerah yang berkuasa gagal karena tidak memenuhi syarat untuk diangkat. Misalnya saja Bupati Halmahera Selatan (Halsel) Bahrain Kasuba yang saat ini menjabat gagal mencalonkan diri sebagai Kabupaten Halsel pada Pilkada 2020.

“Jangan sombong dan jangan sombong. Segala arah dan dukungan kebijakan dapat berubah. “Jangan seperti Bupati Bahrain Selatan, Kasuba, yang tidak bisa mencalonkan diri dalam pilkada karena tidak tersedia cukup kursi untuk mencalonkan diri dalam pemilu,” tegasnya.

Seperti diketahui, marak kabar PKB juga akan memberikan dukungan politik kepada calon Wali Kota Banjarbaru Erna Lisa Halaby. Salah satunya adalah kemampuan menang hebat yang dimiliki Lisa Halaby. 

“Kabarnya PKB juga akan menyusul dengan memberikan dukungan kepada partai politik besutan Erna Lisa Halaby. Hal ini membuat Lisa Halaby banyak mendapat dukungan politik untuk melawan presiden saat ini,” kata Fadhli.

Tak heran, dengan semakin besarnya dukungan partai terhadap Lisa, Halaby Fadhli pun memperkirakan Lisa hanya akan menghadapi kotak kosong di Pilwali Banjarbaru.

Menurutnya, Wali Kota petahana Aditya Mufti Arifin hanya bisa bermimpi bisa ikut serta dalam Pilkada Banjarbaru.

“Pemilu di Kota Banjarbaru kemungkinan besar akan dilaksanakan dengan surat suara kosong. “Aditya (petahana) hanya dapat dukungan dari PPP,” ucapnya (Jumat/jpnn) Jangan lewatkan video terbaru:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *