Demi Mendongkrak IPP Kepemimpinan, Kemenpora Punya 3 Program Andalan

saranginews.com – Kementerian Pemuda dan Olahraga menggelar rapat koordinasi pelaksanaan program pengabdian pemuda dalam rangka peningkatan Indeks Pembangunan Pemuda (YDI).

Program IPP merupakan program unggulan Kemenpora yang masih tergolong rendah di tingkat nasional dalam ranah partisipasi dan kepemimpinan.

Baca juga: Pejabat Eselon 1 Kemenpora Rodi Sofakhriadi digadang-gadang jadi Pj Gubernur Papua Selatan

Asisten Deputi Kepemimpinan Pemuda Kemenpora Andy Susanto mengungkapkan, rapat koordinasi dilaksanakan bersama 28 kementerian/lembaga, 38 provinsi, dan beberapa kabupaten/kota.

“Untuk Satgas Pembantu Deputi Kepemimpinan Pemuda, telah diluncurkan tiga program unggulan bersama Keluarga Remaja Berdaya, Friends Club dan Talenta Muda sebagai upaya perluasan IPP di bidang partisipasi dan kepemimpinan,” kata Andy.

Baca Juga: IHK Indonesia Naik Jadi 56,33, Kemenpora: Kenaikannya Mungkin Lebih Signifikan

Domain partisipasi dan kepemimpinan merupakan salah satu hal yang patut dipertimbangkan bersamaan dengan kolaborasi lintas sektoral, mengingat pencapaiannya masih cukup rendah dibandingkan domain IPP lainnya.

“Talenta muda diciptakan untuk mempersiapkan pemimpin-pemimpin muda yang akan menjadi masa depan Indonesia. Mereka akan dibekali dengan keterampilan yang terorganisir sehingga mampu berperan positif terhadap lingkungan,” kata Andi.

Baca Juga: Kemenpora berharap Rafida Irfan Al Tafi segera pulih dari cederanya dan terus berjuang untuk bangsa

Sedangkan untuk program “Keluarga Pemuda Kuat”, tujuan yang diajukan Kemenpora lebih detail. Sebab, program ini ditujukan kepada pemimpin dalam negeri dengan bekal yang lengkap.

“Dengan kepemimpinan rumah tangga yang kuat, maka terdapat pula landasan yang kuat dalam persiapan keluarga,” kata Andy

Untuk mengembangkan pemikiran calon pemimpin muda, Andy juga mengatakan Friends Club bisa menjadi salah satu caranya.

Dalam program Friends Club, keterampilan berdebat, mengidentifikasi masalah dan saling memberikan solusi dipraktikkan.

“Karena dengan klub yang bersahabat, para pemimpin muda bisa berbincang, berjejaring, dan menjadi forum yang bersedia memberikan saran dan masukan kepada pemangku kepentingan,” kata Andy.

Kami berharap kegiatan kepemimpinan ini menjadi bagian besar dalam domain IPP yang dapat ditingkatkan nilainya melalui banyak indikator (kemenpora/mcr16/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *