Bersinergi dan Berbagi, Muhammadiyah United Kingdom Gelar Baitul Arqam 2024 di London

saranginews.com, LONDON – Persatuan Muhammadiyah terus berupaya memperkuat jaringan internasionalnya.

Sabtu kemarin (03/08/2024) K.H. organisasi keagamaan umum yang dipimpin oleh Haidar Nashir mengadakan acara bertajuk “Baitul Arqam Muhammadiyah UK 2024” di London, Inggris.

BACA JUGA: BTN Syariah Bersatu perluas kemitraan dengan PP Muhammadiyah demi kesejahteraan ekonomi Ummat

Acara yang berlangsung selama dua hari hingga Minggu (4/8/2024) ini diselenggarakan oleh Muhammadiyah United Kingdom (UK).

Rencana pokok inisiatif ini adalah mengoordinasikan kepengurusan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) dan Cabang Istimewa Aisyiyah (PCIA) di Inggris dan Irlandia periode 2023-2025.

BACA JUGA: BRI berkoordinasi dengan Muhammadiyah terkait hal ini

Ketua Panitia Baitul Arqam 2024, Awan Suinesiaputra mengatakan, acara ini merupakan forum besar bagi warga Muhammadiyah di Inggris untuk berbagi ilmu, pengalaman, dan membangun jaringan.

Awan mengatakan, Senin (8/5/2024): “Acara ini tidak hanya mempererat jaringan antar anggota, tetapi juga mempertegas komitmen Muhammadiyah untuk terus berperan aktif di dunia internasional.”

BACA JUGA: Bang Salih mendukung keputusan Muhammadiyah mengelola tambang

Awan menjelaskan, acara hari pertama Baitul Arqam 2024 ini merupakan pembukaan yang dilaksanakan di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di London.

Acara dibuka oleh Wakil Duta Besar Indonesia untuk Inggris, Sahadatun Donatirin, yang memuji program PCIM dan PCIA dalam mempromosikan masyarakat Indonesia di Inggris.

Direktur PCIM UK, Dyah Pravesti dan Wakil Direktur PCIA UK, Nita Yalina, turut memberikan sambutan.

Pembicara utama pada pembukaan Baitul Arqam 2024 adalah Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Muhammadiyah (PP). Abdul Muti.

Selain itu, acara Baitul Arqam hari kedua tahun 2024 dilaksanakan di masjid Indonesia Islamic Center (IIC) London.

Acara Dr. Hilal, seorang pengkhotbah yang tinggal di Inggris.

Selain itu, agenda Baitul Arqam hari kedua tahun 2024 adalah membahas program dan program kerja Muhammadiyah UK.

Awan menambahkan: “Ini adalah keputusan untuk terus berkontribusi terhadap pembangunan masyarakat dan negara.”

Menurut Ivan, warga Muhammadiyah di Inggris sangat bangga dengan acara ini. Peserta Baitul Arqam 2024 tidak hanya datang dari London saja, namun juga dari kota lain seperti Leeds, Dundee, Edinburgh, Lancaster, Manchester, Birmingham, Newcastle dan Bristol.

(saranginews.com) mengatakan: “Sebagian besar pesertanya adalah diaspora Indonesia yang telah puluhan tahun tinggal di Inggris, serta para master dan doktor dari berbagai universitas ternama di Inggris.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *