Hasil Survei Terbaru Pilkada Bogor 2024, Siapa yang Unggul?

saranginews.com, MASYARAKAT BOGOR – Setelah LSI Deni JA dan Poltracking, kini kajian Lembaga Indikator Publik menunjukkan hasil survei pemilihan kepala daerah (Pilkada) Bogor tahun 2024.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Burhanudin Mukhtadi mengatakan survei dilakukan pada 9 Juli hingga 14 Juli 2024.

BACA JUGA: Hasil Jajak Pendapat: Paul Waterpaw Ungguli Calon Gubernur Papua Lainnya

Hasilnya, calon Bupati (Kabap) Bogor Ade Ruhandi alias Jaro Ade memiliki elektabilitas dan popularitas tertinggi yakni 58,0%, disusul Elly Rahmat Yasin dengan 23,3%.

Disusul Ivan Setiawan dengan persentase 9,3%, lalu calon keempat juga dari Partai Gerindra Rudy Susmanto hanya mendapat 4,8%, kata Burhanudin, Senin (5/8).

Baca Juga: Pilgub Banten: Hasil Survei Terpilihnya Irene Kalahkan Andra-Dimyati, Manus

Burhanudin mengatakan peniruan ketiga nama calon penguasa tidak akan mengubah hasil. Jaro Ade 62,0%, Elly Rahmat Yasin 23,2% dan Ivan Setiawan 9,5%.

“Jika Jaro Ade dan Rudy Susmanto saling bersaing maka hasilnya akan lebih tinggi lagi yaitu Jaro Ade 79,5%,” sedangkan Rudy Susmanto menjelaskan hanya 9,6%.

Juga: Jajak Pendapat: Pendukung Ahok Lebih Memilih RK Anies

Menurut Burhanudin, terdapat lebih dari 400 titik pengambilan sampel yang menyebarkan kuesioner ke berbagai lapisan masyarakat.

Tidak hanya itu, atribut atau media kampanye tradisional seperti papan reklame, papan reklame, dan alat bantu kampanye lainnya juga menjadi bagian dari survei di India.

“Pengambilan sampel dilakukan pada calon Raja Bogor yang berkampanye melalui media sosial dan jejaring sosial,” ujarnya.

Namun, kami mencatat lebih lanjut bahwa hasil penyelidikan dapat berubah karena masih ada waktu sebelum pemungutan suara bulan November.

Selain itu, jika ada calon yang diumumkan belum mendapat rekomendasi, perubahan jumlah biasanya dibagi ke tiga calon.

“Jika seluruh tim bergerak, maka tidak menutup kemungkinan terjadi perubahan persentase seluruh calon gubernur Bogor,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *