Guru P1 Minta Diangkat PPPK 2024 Tanpa Tes, Serdik & Usia Jadi Tolok Ukur

saranginews.com – Peserta prioritas (P1) meminta pemerintah memprioritaskan mereka pada Pilkada PPPK 2024.

P1, Guru Honorer yang lulus Passing Grade (PG) seleksi PPPK 2021 tidak semuanya disebutkan.

Baca Juga: Jual Sertifikat SKD CPNS Tahun 2024 pemilihan CASN; PPPK? Ketua Mahkamah Agung mencari keadilan.

Tahun ini, ada sekitar 14.000 guru P1 yang menunggu untuk diangkat menjadi PNS kontrak kerja. 

“Saya atas nama guru P1 Jateng meminta agar sisa P1 diangkat pada PPPK tahun ini tanpa melalui ujian,” kata Ketua Forum Guru Pascasarjana Kabupaten (FGLPG Dikmen) Jawa Tengah (Jateng) Nadzif Eko Nugroho, SH, S. Pd. JPNN Senin (5/8). 

Baca juga: Kabar Gembira Bagi Guru PNS dan PPPK; Periksa saldo Anda.

Ia mengungkapkan betapa prihatinnya guru P1 terhadap perubahan aturan CPNS dan PPPK seleksi 2024. Salah satunya adalah bekal mengikuti ujian CAT atau ujian berbantuan komputer. 

P1 beberapa kali mengikuti percobaan, namun dibatalkan karena keterbatasan formasi. Menurut Najif, jika PPPK Pilkada 2024 dikaji ulang, apakah dijamin bisa dilantik? 

Baca Juga: Rekrutmen CASN 2024 di Batang, Sebagian besar kursus pelatihan guru PPPK

“Demi keadilan, kami menuntut akomodasi penuh bagi P1. Kami akan mengutamakan P1 yang minimal bersedia dan mampu sesuai usianya,” ujarnya. 

Sebelumnya pemerintah mengumumkan seluruh pekerja berprestasi bisa mengajukan PPPK 2024. Namun kriteria prioritas (P1); P2, P3, Bahkan P4 dan P lainnya sudah tidak digunakan lagi. 

Selain itu, Sebagaimana diatur dalam PermenPANRB 6 Tahun 2024 tentang Pengadaan Personil ASN, seluruh tenaga honorer harus melalui jalur uji coba.

Mekanisme seleksi CPNS dan PPPK menggunakan landasan resmi PermenPANRB 6 Tahun 2025, kata Aba Subagja, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Perangkat Peningkatan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

“Semuanya menggunakan PermenPANRB 6 Tahun 2024 untuk seleksi CPNS dan PPPK,” jelas Aba kepada JPNN, Kamis (1/8). 

PermenPANRB 6/2024 memiliki dua pasal yang mengatur seleksi CPNS dan PPPK. Pemilihan CPNS dibatasi Pasal 26 dan Pasal 27 untuk PPPK.

Ada ujian seleksi PPPK; Yaitu tata kelola dan kompetensi. Kebijaksanaan administratif untuk menentukan apakah setiap penerima penghargaan dapat berpartisipasi dalam proses seleksi kelayakan atau tidak. 

Teknologi dalam seleksi keterampilan di PPPK; Pengelolaan Meliputi keterampilan sosial budaya dan keterampilan wawancara.

Sementara itu, pendidikan budaya Nunuk Suryani, Direktur Jenderal Tenaga Kependidikan Guru (GTK) Kementerian Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), mengatakan tidak ada istilah P1 hingga P4 dalam seleksi PPPK tahun 2024. Karena seluruh pegawai Honorer dan Non ASN bisa melamar. 

Meski tidak mendapat prioritas tenurial, CEO Nunuk mengimbau P1 tidak berkecil hati. Sebab, data P1 sudah masuk ke database Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sertifikat matrikulasi akan diberikan kemudian.

“KemenPAN-RB ingin seluruh penerima penghargaan bisa mendaftar, namun akan dilantik pada saat wisuda,” ujarnya.

Kapan pendaftaran PPPK 2024 dibuka? General Manager Nunuk mengaku belum mendapat informasi apa pun. Semua menunggu aturan ala Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KepmenPANRB).

Ia bahkan mengaku belum mengetahui isi Peraturan Pengadaan PPPK 2024.

“Saya tahu seluruh jadwal dan uraian PPPK KemenPAN-RB 2024. Saya belum punya gambarannya,” ujarnya.

Meski demikian, Dirjen Nunuk berharap Kemendikbud bisa menyelesaikan persoalan guru honorer agar Pilkada PPPK 2024 bisa selesai secepatnya. 

Guru honorer ini akan mendapatkan gaji dan tunjangan saat diangkat menjadi ASN PPPK. 

Selain itu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Saya berusaha keras untuk mendapatkan Dana Hibah Guru (TPG). 

“Guru adalah profesi yang gajinya tidak bisa dihitung berdasarkan UMR. Seharusnya guru menerima gaji dan tunjangan yang beragam seperti TPG,” tegas General Manager Nunuk.

Dalam prosesnya, JPNN tentang mekanisme pengadaan PPPK tahun 2024. Sumber resmi KepmenPAN-RB. Karena berdomisili di Ibu Kota Negara Republik Indonesia (IKN), maka regulasi pengadaan pegawai negeri dipercepat. (esy/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *