Banyak Capaian Prestasi, Khofifah-Emil Kokoh dengan Dukungan Masyarakat Jatim

saranginews.com, SURABAYA – Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur tahun 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak mendapat sambutan cukup tinggi dari masyarakat. Hal ini memperkuat posisinya jelang Pilgub Jatim 2024.

Direktur Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno mengatakan, siapa pun calon petahana dan memiliki tingkat persetujuan yang tinggi akan sulit menang pada pemilu berikutnya. Posisi tersebut diperuntukkan bagi Khofifah-Emil di Pilgub Jatim mendatang.

BACA JUGA: PDIP tak terima kotak kosong di Pilkada Jakarta

“Secara politik, kalau dukungan petahana tinggi, maka Khofifah dan Emil akan sangat sulit menang,” kata Adi dalam siaran pers, Senin (8 Mei).

Menurut Adi, wajar jika Khofifah dan Emil mengenang kiprahnya memimpin Jatim selama lima tahun terakhir. Untuk itu, bertujuan untuk mengembalikan kenangan masyarakat yang telah mencapai kemajuan di Jatim.

BACA JUGA: Marseille mendatangkan Pierre-Emile Hojbjerg dari Tottenham Hotspur

Pencapaian seperti menurunkan angka kemiskinan di Jawa Timur dari sebelumnya 4,4% menjadi 0,82% menjadi bukti keberhasilan Khofifah-Emil sebagai pemimpin.

Adi mengatakan, wajar jika Khofifah-Emil memasukkan hal tersebut dalam kampanye berikutnya.

BACA: Gerindra sangat mendukung 14 nama ini maju di Pilkada, termasuk Khofifah dan Bobby

Jadi kampanye sukses Khofifah-Emil adalah hal biasa, ujarnya. Apa yang mereka lakukan berdampak pada perekonomian, politik, masyarakat dan budaya di Jawa Timur.

Berdasarkan laporan terbaru Litbang Kompas periode 20-25 Juni 2024, peluang Khofifah dan Emil terpilih sangat besar. Jumlah pemilih Khofifah adalah 78,4%, dengan rincian 31,6% yang memilihnya dan 46,8% yang berharap akan memilihnya.

Saat ini, Emil Dardak yang menjadi penggantinya memiliki 55%. Jumlah ini mencakup 5,6% yang berniat memilihnya dan 44,2% yang mempertimbangkan untuk memilihnya.

Adi menilai akan sulit menggeser petahana yang memiliki tingkat dukungan tinggi. Jadi, siapa pun lawannya, perlu memperkuat persaingan dengan Khofifah-Emil.

“Sulit untuk menggeser petahana yang tingkat persetujuannya tinggi,” tutupnya. (cuy/jpnn)

Baca artikel lainnya… Bagus dan Populer, Khofifah Reap mendapat dukungan dari para pedagang untuk terus memimpin di Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *