Totok Amin: ATVI-IMDE, Kampus Ideal Bagi Mahasiswa Kreatif yang Ingin Masuk Industri di Era Digital

saranginews.com, JAKARTA – Direktur Akademi Televisi Indonesia – Emtek Digital Media Institute (ATVI-IMDE) Totok Amin Soefijanto, Ed.D menjelaskan ilmu digital terus berkembang.

Salah satunya adalah Artificial Intelligence (AI) yang mempengaruhi banyak bidang pekerjaan seperti kesehatan dan pendidikan.

BACA: Sandi Mandela: Cerdas di Era Digital, Jaga Nama Baik Polri

Perkembangan AI yang cepat dan kompleks akan menghilangkan sekitar 23 juta lapangan kerja, namun pada saat yang sama akan menciptakan 27 lapangan kerja baru.

Artinya kita harus beradaptasi dan bersiap menghadapi fenomena AI ini.

BACA JUGA: Direktur ATVI-IMDE Ditunjuk Totok Amin Soefijanto: Peluang Pengembangan Besar

“Karena perubahan lingkungan yang sangat cepat, maka di ATVI kami membekali para mahasiswa dengan keterampilan tingkat tinggi, pola berpikir yang mendalam dan semangat belajar yang tiada habisnya. Inilah tiket bagi lulusan ATVI-IMDE untuk memasuki dunia usaha Emtek maupun ke perusahaan di luar Emtek. ,” dia berkata. Totok Amin Soefijanto saat tampil sebagai salah satu pembicara pada talkshow bertajuk “Talents: Moving to the Job Market” Emtek Education & Career Festival 2024 yang digelar di Studio 6 Emtek City, Jakarta Barat pada Rabu (31/7/2024).

Menurut Totok, perubahan yang sedang dan akan terjadi tidak dapat dihindari dan staf ATVI-IMDE mempersiapkan hal tersebut dengan menambah tiga program studi baru yaitu Sarjana Bisnis Digital, Sarjana Seni Pertunjukan, dan Sarjana Sinema, Televisi dan Media. Studi (KFTM). ).

BACA JUGA: Untuk memperkenalkan alat penyiaran modern, ATVI menawarkan lokakarya dan pelatihan tentang media IP

Ketiganya melengkapi dua program studi yang sudah ada, yakni D3 Komunikasi Massa dan Sarjana Terapan (D4) Produksi Media.

Menanggapi pertanyaan bagaimana kampus mempelajari cara-cara pasar kerja, Totok mengatakan bahwa proses pembelajaran dengan proses pengajaran yang produktif menjadi penting karena kolaborasi antara siswa dan guru akan menghasilkan kreativitas dan pada akhirnya akan menghasilkan karya atau ide yang akan dikembangkan setelahnya. kelulusan. .

“Jadi proses pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menyenangkan bisa belajar dengan cara, bukan sesuatu yang sudah ditentukan sebelumnya,” kata Totok.

Pertemuan yang dipandu oleh Vice President Emtek HR Group Pieter Andrian dan Head of Communications and Liputan Moji Media Coordinator Emtek Beverly Gunawan menghadirkan pembicara dari Head of Talent Acquisition and Employment Bran Surya Citra Media Tbk, Achdiat Permana. , Kepala HRBP Sumber Daya Manusia. Video Experience .com, Amelia Wardani, dan presiden School of Tecnopreneur Nusantara, Yoas Ernest Sutopo, S.Inf., M.M.

Pertunjukan yang serius namun santai ini menarik perhatian ratusan pengunjung di Emtek Education & Career Festival 2024.

Pengunjung tidak hanya mendapatkan informasi menarik mengenai peluang pendidikan dan karir, namun juga hiburan dari berbagai artis.

Yang paling tidak menyenangkan dan paling dicari wisatawan adalah pencarian bakat di tangan Cinemart, yang berharap bisa dikenal dan memasuki industri hiburan tanah air.

Dua hari penuh energi

Sementara itu, Group Vice President Human Resources Pieter Andrian pada pembukaan Emtek Education & Career Festival 2024 kemarin mengatakan bahwa Emtek berupaya memenuhi kebutuhan akan talenta industri digital di Grup Emtek dan para pencari kerja, khususnya yang masih hidup. . – Mahasiswa jangka panjang dapat bergabung dengan keluarga besar Emtek Group, menyelenggarakan Emtek Education & Career Festival 2024.

Menurut Pieter, menghadapi tantangan industri digital saat ini dan masa depan, para pencari kerja harus terus memberdayakan diri, oleh karena itu, ATVI sebagai lembaga pendidikan dalam ekosistem Emtek Group juga bertransformasi menjadi Emtek Digital Media Institute (IMDE).

Hal ini membuka peluang tidak hanya bagi para pelajar lulusan SMA dan SMK, namun juga bagi para karyawan dan pencari kerja untuk siap memasuki era bisnis digital, sebagai bagian dari keluarga besar Emtek Group dan perusahaan digital lainnya.

“IMDE membuka 3 program studi yaitu S1 Bisnis Digital, S1 Seni Pertunjukan dan S1 Sinema, Media dan TV dengan dua jenis jam mengajar yaitu pagi hingga sore setiap hari di SMA dan SMK, dan perkuliahan campuran (online-offline) sore dan hari sabtu di kelas kerja. Dengan bergabung di IMDE, otomatis Anda diterima di Ekosistem Emtek dan Tim Bisnis Emtek!” kata Petrus.

Emtek Education & Career Festival 2024 akan diselenggarakan selama dua hari pada tanggal 30-31 Juli 2024 di Studio 6 Emtek City, Studio Indosiar, Daan Mogot, Jakarta Barat.

Acara yang diselenggarakan oleh PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek) dan PT Qerja Benefits Nation (Karir.com) ini tidak hanya menampilkan Career Fair namun juga kegiatan menarik lainnya seperti Edu Fair, Talkshow, Talent Hunt dan hiburan sederet artis ternama. , termasuk Allan Anderson, UN1TY, Jordy Riz, Emma Elliot dan V1RST.

Acara ini menghadirkan 31 perusahaan ternama dan 4 institusi pendidikan yaitu ATVI-IMDE, Telkom University, Technopreneur Nusantara School dan Indonesia International Institute for Life-Sciences (i3L).

Selain Job Fair dan Talkshow, peserta dapat mengikuti Talent Hunt Sinemart dan News Presenter Casting SCM (SCTV dan Indosiar).

Tak lupa, bagi para pencari kerja, ada peluang komunikasi langsung untuk bergabung dalam ekosistem Emtek Group.

Pada hari pertama, Selasa (30/07/2024), talkshow bertajuk “Innovative Journey: from ideas to business.

Pembicara yang hadir antara lain David Suwarto, CEO Cinemart; Mohamad Fahmi Salim, GM Pemasaran dan Kemitraan Rans Media Group; dan Adriano Qalbi, CCO Dewan Komedi Indonesia. Para tamu merasa puas dengan berbagai tempat yang tersedia.

Saat itu, pada hari pertama, Dr. Rewindinar, direktur asosiasi Urusan Non-Akademik dan kepala program studi film, media dan televisi, mengatakan perubahan pesat dalam teknologi berdampak besar pada dunia kerja.

McKinsey memperkirakan hilangnya jutaan lapangan kerja pada tahun 2030. Namun di sisi lain, hal tersebut membuka peluang baru dan besar.

Pesatnya pertumbuhan industri digital yang ditandai dengan semakin meningkatnya penggunaan konten membutuhkan karyawan dengan keterampilan khusus.

IMDE hadir sebagai lembaga yang siap menjawab tantangan-tantangan ini. Dengan program studi yang relevan dan jaringan bisnis yang kuat, IMDE menghasilkan lulusan yang siap bekerja di era digital.

Kurikulum IMDE dirancang untuk membekali siswa dengan keterampilan yang dibutuhkan dalam bisnis, seperti kreativitas, inovasi dan fleksibilitas.

“Dengan IMDE, Anda tidak hanya mendapatkan ilmu, tetapi juga kesempatan untuk terjun langsung ke dunia kerja nyata. Dengan dukungan EMTEK Group, salah satu perusahaan media terbesar di Indonesia, masa depan karir Anda akan lebih cerah,” kata Rewindinar (jum/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *