Lewat Program Madani Vokasi Academy, PNM Dorong Disabilitas Berdaya Ekonomi

saranginews.com, JAKARTA – PT. Ibu Kota Negara Madani (PNM) telah membuat program bernama Akademi Vokasi Madani untuk memberdayakan penyandang disabilitas secara ekonomi.

Diketahui, program Akademi Vokasi Madani merupakan bagian dari departemen Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan.

BACA JUGA: Dengan Kinerja Positif, PNM Raih 6 Penghargaan Bergengsi

Nantinya dalam program ini, penyandang disabilitas akan diberdayakan melalui pelatihan keterampilan, pemberian sertifikat kerja, dan pelatihan vokasi untuk mendukung keterampilan terapan tertentu.

Menurut Sekretaris Perusahaan PNM L. Dodot Patria Ary, pihaknya bertujuan untuk mempersiapkan penyandang disabilitas menjadi wirausaha progresif dan menciptakan lapangan kerja di masa depan.

BACA JUGA: PNM memberdayakan perempuan untuk mengembangkan perekonomian masyarakat

“Kami berupaya membuka peluang baru dan meningkatkan kemandirian ekonomi bagi penyandang disabilitas yang tidak ingin menjadi pekerja formal dengan memberikan keterampilan berusaha agar mereka menjadi wirausaha sukses,” kata Dodot dalam siaran persnya, Minggu (8/4).

PNM dalam program Akademi Vokasi Madani memberikan pelatihan pembuatan aneka kopi dan diikuti oleh 20 peserta. 

BACA JUGA: Wanita Difabel Dilecehkan Secara Seksual oleh Sopir Taksi Online

Selain itu, PNM juga membantu membuka akses pasar yang lebih luas dengan membuka kafe bagi penyandang disabilitas dalam berbagai kegiatan.

Dodot juga meyakini masyarakat yang memiliki daya saing tinggi mempunyai peluang besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Penting bagi setiap orang untuk bekerja sama menerapkan keberagaman, kesetaraan, dan inklusi dengan memberikan persamaan hak untuk mendapat kesempatan bersaing di dunia usaha,” pungkas Dodot.

PNM sendiri telah lama menunjukkan upaya pemberdayaan penyandang disabilitas, mulai dari mendanai pelanggan disabilitas PNM Mekaar, mengumpulkan pelanggan tunarungu dengan membatik hingga mendirikan program Akademi Vokasi Madani. (ast/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA… Pemilih penyandang disabilitas harus ditampung di dekat kotak suara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *