Cegah Dehidrasi dengan Mengonsumsi 7 Minuman Ini

saranginews.com, Jakarta – Musim kemarau adalah saat banyak orang mengalami dehidrasi.

Apa itu dehidrasi? Dehidrasi adalah suatu kondisi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang digunakannya.

Baca Juga: Anda Dehidrasi, Atasi Dengan Makan 6 Makanan Ini

Dehidrasi berbahaya bagi tubuh. Jika Anda mengalami dehidrasi parah, Anda mungkin pingsan.

Tetap terhidrasi secara sehat berarti menjaga keseimbangan air alami tubuh Anda.

Baca Juga: 5 Minuman Ini Membantu Menurunkan Berat Badan Tanpa Efek Samping

Performa optimal harian Anda bergantung pada pemeliharaan keseimbangan tersebut, jadi Anda perlu mengganti cairan yang hilang.

Karena lebih dari separuh tubuh Anda terdiri dari air, semua fungsi Anda bergantung pada ketersediaan air yang cukup.

Baca Juga: Makan 3 Buah Enak Ini Untuk Cegah Dehidrasi Tubuh

Dengan mengetahui cara terbaik untuk melakukan rehidrasi, Anda dapat dengan mudah menjaga tingkat hidrasi yang sehat dalam tubuh Anda.

Beruntungnya Anda, ada beberapa pilihan minuman saat Anda ingin tetap terhidrasi.

Berikut penjelasannya yang dikutip dari Virginpure.com.1. air

Tidak ada kejutan di sini. Air selalu menjadi salah satu minuman terbaik untuk hidrasi.

Air murni benar-benar alami. Setengah sampai tiga perempat tubuh kita adalah air 2. Susu dan pengganti susu

Sebuah penelitian ilmiah menyebutkan bahwa susu merupakan salah satu minuman yang paling menghidrasi.

Hal ini karena susu mengandung mineral elektrolit natrium, yang juga ditemukan dalam larutan rehidrasi seperti Dioralite.

Gula alami (laktosa), protein dan lemak juga ditemukan dalam susu, yang mengurangi jumlah urin yang kita keluarkan sehingga membuat kita terhidrasi lebih lama.

Karena susu juga mengandung kalsium dan vitamin D, susu merupakan minuman sehat serba guna yang membantu tingkat hidrasi secara umum.

Jika Anda tidak menyukai produk susu, Anda bisa mencari pengganti susu yang sesuai dengan selera Anda.

Umumnya mengandung lebih sedikit kalori, lemak, dan protein dibandingkan susu.

Anda juga bisa memilih makanan dengan tambahan kalsium, namun sebaiknya hindari makanan yang banyak mengandung gula.

Jika Anda umumnya setuju dengan produk susu dan ingin menghindari laktosa, susu bebas laktosa adalah pilihan terbaik karena memiliki nilai gizi yang sama dengan susu biasa.

Alih-alih laktosa, produk ini mengandung laktase, enzim yang diproduksi oleh orang-orang yang tidak toleran terhadap susu, yang memecah laktosa di dalam tubuhnya.3. Air yang dicampur dengan buah-buahan dan rempah-rempah

Menambahkan sepotong buah segar atau herba ke dalam air Anda adalah cara ideal untuk menambahkan sedikit rasa ekstra sekaligus tetap sehat.

Meskipun irisan lemon, jahe atau mint adalah favorit, mengapa tidak mencoba beberapa kombinasi berbeda seperti stroberi, lemon dan basil atau jeruk bali dan rosemary. jus buah

Ini 100 persen jus buah, bukan konsentrat.

Selain itu, meski yang asli paling enak karena banyak mengandung vitamin dan mineral, namun juga banyak mengandung gula, 8-9g per 100ml.

Itu sebabnya kami menyarankan Anda untuk membatasi asupan harian Anda menjadi sekitar satu gelas kecil sehari5. Minuman olahraga

Selain minuman berenergi (seperti Red Bull), minuman olahraga isotonik (seperti Lucozade Sport, Poverade, dan Gatorade) adalah salah satu cara terbaik untuk melakukan rehidrasi selama berolahraga.

Meskipun minum air cukup menghidrasi untuk olahraga ringan hingga sedang, Anda memerlukan minuman isotonik jika Anda berolahraga lebih dari satu jam atau jika Anda sudah lama tidak makan.

Minuman isotonik yang baik harus mengandung 6-8 persen larutan karbohidrat per 100ml, bersama dengan sejumlah kecil elektrolit lain seperti natrium, kalium, dan klorida, yang merupakan favorit lama untuk hidrasi.

Kombinasi ideal ini membantu Anda mendapatkan energi dan menggantikan energi yang hilang melalui keringat, namun karena tingginya jumlah gula, tidak baik jika Anda tidak berolahraga. air kelapa

Air kelapa diiklankan sebagai minuman olahraga alami karena mengandung semua elektrolit penting: natrium, kalsium, magnesium, kalium, dan fosfor.

Sebagian besar lebih banyak potasium daripada minuman olahraga dan 4-6g per 100ml, sedikit lebih sedikit gula.

Air kelapa sangat rendah natrium, jadi Anda tidak bisa menggantinya jika Anda serius ingin berolahraga.

Namun, meskipun jumlah gulanya lebih sedikit dibandingkan kebanyakan minuman ringan dan jus buah, berhati-hatilah agar tidak gosong 7. teh

Meskipun Anda tidak ingin minum terlalu banyak teh sepanjang hari, karena kafein dapat membuat Anda lebih sering buang air kecil dan membuat Anda dehidrasi, teh herbal adalah cara yang bagus untuk tetap terhidrasi secara sehat.

Itu karena, sama seperti teh biasa, teh herbal kaya akan antioksidan yang membantu melawan radikal bebas berbahaya penyebab diabetes, kanker, dan penyakit jantung.

Baca artikel lainnya… Tingkatkan stamina Anda dengan konsumsi 6 minuman ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *