Usut Kasus Korupsi di PT Jasindo, KPK Periksa Eks Petinggi Bank Daerah

saranginews.com, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil dua mantan pejabat bank daerah Pemprov Jawa pada Kamis (1/8).

Kedua saksi tersebut adalah Dida Herdiyana dan Fahmi Bagus Mahesa yang diperiksa terkait pengusutan kasus korupsi di PT Asuransi Jasa Indonesia atau Jasindo (Persero).

Baca juga: KPK periksa kedua belah pihak dalam penyidikan kasus korupsi PT Jasindo senilai Rp 45 miliar

Dida Herdiyana menjabat sebagai pemimpin jaringan Bank Banten, sedangkan Fahmi Bagus Mahesa menjabat sebagai direktur bank lokal pada tahun 2020.

Hari ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa saksi-saksi terduga korupsi di PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero). DH (Diedit Dida), kata juru bicara KPK Tessa Mahardhika Sugiarto dalam keterangannya.

Baca Juga: Usut Kasus Korupsi PT Jasindo, KPK Periksa Pimpinan Bank dan Credit Union.

Diketahui, Komisi Pemberantasan Korupsi tengah mengusut dua kasus dugaan korupsi di Jasindo. Kasus pertama, PT Jasindo bersalah membayar komisi usaha antara tahun 2017 hingga 2020 sehingga merugikan negara sebesar Rp36 miliar.

Kasus kedua adalah korupsi pembayaran komisi asuransi pelayaran tahun 2015-2020 di PT Pelayaran Nasional Indonesia atau Pelni (Persero). Kerugian negara diperkirakan sekitar Rp9 miliar.

Baca juga: Jasindo Raih Indonesia Original Brand Award 2024

Mulai awal tahun ini, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berencana melakukan audit terhadap mantan pengelola PT Pelni dan PT Jasindo.

Mereka adalah Eko Yuni Triyanto (Mantan Direktur Manajemen Risiko, PT Pelni) dan Eko Wari Santoso (Direktur Bisnis, PT Jasindo, 2012 hingga Agustus 2013).

Keduanya masuk dalam daftar saksi yang menyelidiki pelanggaran PT Pelni dalam pengadaan barang dan jasa terkait asuransi keamanan pelayaran.

Jasa asuransi yang dimaksudkan adalah klaim yang berkaitan dengan asuransi lambung kapal (asuransi terhadap tenggelam, terbalik, dan kebakaran lambung kapal beserta isinya), tidak termasuk asuransi Limbah dan Pencemaran (polis asuransi atas pemindahan kapal dan pencemaran laut). (tan/jpnn)Jangan lewatkan video terbaru:

Baca artikel lainnya… Luar biasa! Jasindo memecahkan rekor MURI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *