Reksa Dana Endowment Trimegah Bakti Ganesha Abadi Dukung Kemandirian Dunia Pendidikan

saranginews.com, BANDUNG – PT Trimegah Asset Management (“Trimegah AM”), dan Badan Pengelola Dana dan Bisnis Berkelanjutan Institut Teknologi Bandung (“BPUDL ITB”), meluncurkan produk reksa dana Trimegah Bakti Ganesha Abadi Fund – Reksa Dana Pendapatan Tinggi Dana (“Reksa Dana Trimegah Bakti Abadi Ganesha”).

Produk baru ini bertujuan untuk mendukung program ITB dengan pendanaan berkelanjutan jangka panjang.

BACA: Perencanaan keuangan masa depan menjadi mudah dengan obligasi dan reksa dana BIS

Reksa Dana Trimegah Bakti Ganesha Abadi hanya tersedia melalui Agen Penjual Reksa Dana (APERD) PT Trimegah Sekuritas Indonesia, Tbk (“Trimegah Sekuritas”) dan dapat dibeli di cabang Trimegah Sekuritas dan melalui aplikasi Trima+ mulai Kamis 25 Juli. 2024 dan NAV awal Rp 1.000.

Reksa Dana Trimegah Bakti Ganesha Abadi tidak hanya menawarkan potensi keuntungan finansial kepada investor, namun juga memberikan peluang bagi alumni dan masyarakat umum untuk berkontribusi dalam upaya ekspansi keuangan berkelanjutan ITB.

BACA: Cara Terbaik Menghindari Pembelian Impulsif, Cobalah Berinvestasi di Obligasi dan Reksa Dana BIS

Produk ini memadukan keahlian Trimegah AM dalam bidang manajemen investasi, diharapkan dapat menjadi solusi pembiayaan jangka panjang yang efektif dan meningkatkan kesadaran alumni ITB akan pentingnya investasi berkelanjutan.

“Dana Abadi Bersama Trimegah Bakti Ganesha Abadi dapat menjadi sumber pendapatan tambahan bagi pengembangan program ITB,” kata Deddy Priatmodjo Koesrindartoto, Kepala BPUDL ITB.

BACA: Aset kelolaan dana BRIDS diperkirakan tumbuh 50% pada tahun 2024

Hal tersebut disampaikan Deddy pada acara Dekade BPUDL ITB: Penguatan Hubungan Keagamaan ITB dan Kebangsaan yang bertepatan dengan penandatanganan kerja sama BPUDL dan Trimegah.

Senada, Antony Dirga selaku Ketua Direktur Trimegah AM menegaskan bahwa kerjasama ini dapat menjadi sumber penggalangan dana ITB lainnya melalui donasi dari mahasiswa dan masyarakat umum yang berinvestasi di Reksa Dana Trimegah Bakti Ganesha Abadi.

“Melalui Reksa Dana Trimegah Bakti Ganesha Abadi, investor dapat berinvestasi di bidang amal dengan mengikuti program donasi di ITB,” 

Pertama, melalui pembagian biaya pengelolaan UCITS yang harus dibayarkan ke ITB.

Kedua hasil investasi reksa dana tersebut merupakan sumbangan sukarela dari para investor.

Investor dapat berinvestasi pada berbagai jenis saham. Jika investor ingin berkontribusi lebih besar kepada ITB, maka dapat memilih berinvestasi di Trimegah Bakti Ganesha Abadi Kelas A.

PHI akan dibagikan semaksimal mungkin. 1% setiap 3 bulan (akhir Maret, Juni, September dan Desember).

Dari sisi pengelolaan portofolio, Reksa Dana Trimegah Bakti Ganesha Abadi dirancang untuk memberikan tingkat hasil investasi yang menarik pada kelas aset pendapatan tetap.

Obligasi korporasi yang berkualitas dengan peringkat A rendah dan kinerja korporasi yang kuat akan terkonsentrasi pada portofolionya dan obligasi pemerintah akan dijadikan alokasi aset yang strategis.

Durasi pengelolaan portofolio akan dijaga di bawah tiga tahun untuk memastikan pengelolaan investasi memberikan hasil terbaik dan risiko terkendali.

Dana yang disalurkan melalui Reksa Dana Trimegah Bakti Ganesha Abadi ini diharapkan dapat menjadi sumber pendanaan jangka panjang untuk mendukung berbagai inisiatif ITB dan program terkait Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Diantaranya pemberian beasiswa kepada mahasiswa, bantuan penelitian, pengembangan peralatan laboratorium dan kegiatan akademik lainnya.

Peluncuran Reksa Dana Trimegah Bakti Ganesha Abadi merupakan langkah strategis dalam memperkuat komitmen Trimegah AM dan BPUDL ITB dalam mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas bagi generasi penerus negeri. (lantai/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *